Tepat di Hari Jadi Sibolga, Wali Kota Beri Penghargaan Kepada Imigrasi Sibolga

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com, Sibolga – Pemerintah Kota Sibolga, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) memberikan penghargaan kepada Kantor Imigrasi Sibolga beserta sejumlah pejabat yang dinilai inovatif dan kreatif dalam pelayanan publik selama bertugas di Sibolga.

Penghargaan berbentuk piagam itu diserahkan langsung oleh Wali Kota Sibolga, H. Jamaluddin Pohan, usai pelaksanaan sidang paripurna istimewa peringatan hari jadi Sibolga ke 323, di Gedung DPRD Sibolga, Senin (3/4/2023).

Kepala Kantor Imigrasi (Kanim) Sibolga, Saroha Manullang, mengaku sangat bangga karena memperoleh penghargaan tersebut.

“Tentunya, kami (Kanim Sibolga) tidak akan berpuas diri. Namun, penghargaan yang diberikan menjadi motivasi bagi kami untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” ucapnya.

Baca juga  Pelaku Pembacokan Saudara di Sibolga Menyerahkan Diri ke Polisi, Begini Kronologinya

Dikatakannya, Kanim Sibolga memiliki sejumlah program unggulan dengan tujuan meningkatkan pelayanan keimigrasian.

Program tersebut terdiri dari, MESRA (Melayani saat Istirhat), BAPER (BAP Sehari), HORAS (Hampiri Orang Sakit).

Dan, dilengkapi dengan layanan pendaftaran pengurusan paspor secara online melalui aplikasi Mobile Paspor, serta layanan Eazy Passport, yang dilaksanakan di luar kantor dan menuju lokasi pemohon dengan menggunakan mobil layanan paspor keliling.

“Itulah beberapa inovasi untuk pelayanan keimigrasian selain melakukan penataan tata letak layout, keterbukaan informasi publik, kejelasan persyaratan, dan ketepatan waktu layanan yang diberikan,” sebut Saroha merincikan.

Baca juga  HKBP Sibolga Julu, Kembali Bagikan Bansos Tahap II

Selain itu, Lanjut putra asal Doloksanggul itu, Kanim Sibolga mengoptimalkan kerjasama dengan Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) terdiri dari instansi dan lembaga pemerintah, yang mempunyai tugas dan fungsi terkait dengan keberadaan dan kegiatan orang asing.

“Bahkan, unsur wartawan, tokoh masyarakat dan agama, juga dilibatkan dalam Timpora untuk penegakan hukum keimigrasian, di 12 Kabupaten/ Kota wilayah kerja Kanim Sibolga,” terangnya.

“Seperti yang pernah dilakukan oleh Kanim Sibolga bersama Timpora, yakni mendeportasi warga negara Prancis beserta alat angkutnya, dari Pelabuhan Sibolga. Tindakan ini, pertama kali dilakukan di Indonesia dan menjadi percontohan,” Pungkasnya. (R)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan