Penguatan Rupiah Terbaik di Asia, Berikut Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com, Jakarta – Kemarin, Senin (18/5/2020), nilai tukar rupiah di pasar spot ditutup berbalik menguat 10 poin atau 0,07 persen ke level Rp14.850 per dolar AS pada akhir perdagangan.

Sementara itu, indeks dolar AS terpantau melemah 0,041 poin atau 0,04 persen ke level 100,361 pada pukul 14.55 WIB.

Sebagaimana hasil rapat Bank Indonesia akan menjadi sentimen utama pergerakan nilai tukar rupiah hari ini terhadap dolar AS.

Mengutip Bloomberg, setelah periode tekanan berkelanjutan terhadap rupiah, mata uang domestik berhasil menguat terhadap dolar AS dalam beberapa pekan terakhir.

Baca juga  Terdampak Covid, Tercatat Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Hari Ini

Penguatan rupiah mengindikasikan BI enggan melakukan pelonggaran suku bunga lanjutan. Meski dalam sebulan terakhir, rupiah berhasil naik lebih dari 4 persen terhadap dolar AS, dan menjadi mata uang dengan kinerja terbaik di Asia. Penurunan rupiah sepanjang 2020 pun terpangkas hingga 6,6 persen.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyampaikan pelonggaran suku bunga lanjutan bergantung jepada stabilitas pasar. Rupiah secara fundamental undervalued, dan BI berjanji akan campur tangan untuk mendukung mata uang tersebut.

Baca juga  Tukang Servis TV, Bergaji Hingga Rp 30 Juta, Bagaimana Bisa?

Dengan rupiah yang kini dalam tren menanjak, pada pekan lalu Perry mengisyaratkan adanya ruang bagi BI untuk pelonggaran lebih lanjut.

Pukul 9.03 WIB: Kurs Rupiah Menguat 45 Poin

Nilai tukar rupiah menguat 45 poin atau 0,30 persen ke level Rp14.805 per dolar AS pada perdagangan pagi ini, saat indeks dolar AS turun tipis 0,04 persen atau 0,040 poin ke posisi 99,625. (Sumber : Bisnis.com)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan