Legenda Ular Gaib Sibaganding Tua Kabupaten Dairi

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com – Cerita ini merupakan misteri yang berhasil dikutip dari laman artimimpi.co, yang membahas tentang Legenda Ular Gaib Sibaganding Tua merupakan sebuah mitos dan cerita rakyat dari Kabupaten Dairi.

Cerita ini, dirangkai oleh penulis aslinya, berdasarkan informasi yang digali dari seseorang warga Dairi.

Meski dari awal, sumber tidak ingin namanya disebutkan dalam tulisan tersebut, namun dalam cerita tersebut, penulis hanya menamakan nara sumber dengan sebutan Ucok.

Ucok merupakan sebutan atau panggilan kepada kaum laki-laki yang sejak lahir namun belum diberi nama, namun panggilan ucok kerap diberikan kepada laki-laki orang Batak sesaat bertemu dengan kaum yang berbeda suku.

Begini awal ceritanya. Cerita bermula dari batu cincin yang bergeser ke masalah makhluk gaib. Kita sebut saja orang tersebut bernama Ucok.

Baca juga  Antara Kenyataan Hidup dan Sekolah

Awalnya, bercerita tentang masalah makhluk gaib yang kemudian oleh Ucok membuka sebuah cerita tentang legenda ular yang ada di tanah kelahirannya.

Mitosnya ular tersebut merupakan ular jadi-jadian yang bila dipelihara, hingga akan menjadikan seseorang kaya raya.

Ucok lalu mengisahkan seorang pemuda di kampungnya (Nama Disamarkan) yang menemukan seekor ular yang misterius itu.

Pemuda tersebut lantas membawa ular itu dan memeliharanya di dalam sebuah aquarium miliknya.

Setelah beberapa lama dirawat dan dipeliharanya, sang pemuda itupun mengalami perubahan dari sisi ekonomi.

Bahkan, Pemuda tersebut kini menjadi seorang yang kaya raya. Bahkan legendanya sudah menjadi rahasia umum masyarakat Dairi.

Salah satu wujud dari kenyataan dan keaslian kisah ini, anda akan menemukan sebuah sekolah yang bernama Bukit Cahaya.

Konon katanya, pemilik dari sekolah ini merupakan pemuda yang mendapatkan ular tersebut. Kini ia sudah menjadi kaya raya dan memiliki banyak usaha yang digelutinya.

Baca juga  Anda Pecinta Kopi, Saatnya Nikmati Citarasa Berbeda

Nama usaha Bukit Cahaya, kabarnya merupakan teka-teki ataupun gambaran dari perjalanan pemuda tersebut mendapatkan ular gaib nan sakti tersebut.

Ada yang menafsirkan bahwa Bukit Cahaya yang dimaksudkan adalah sebuah bukti di daerah daerah Dairi dimana pemuda tersebut pertama sekali melihatnya dan semenjak saat itu lah nasibnya berubah.

Sehingga semua usahanya dinamai dengan sebutan Bukit Cahaya.

“Itulah yang bisa kami sampaikan terkait dengan Legenda Ular Gaib Sibaganding Tua Kabupaten Dairi, kamu bisa mengisi komentar dibawah sebagai kritik, saran, maupun tanggapan kamu terhadap tulisan ini, Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi kamu semua.” Tulis laman tersebut saat dikutip beritatapanuli.com. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan