Anda Pecinta Kopi, Saatnya Nikmati Citarasa Berbeda

21

BeritaTapanuli.com – Seberapa nikmat kopi yang anda seruput pagi ini? Bagi pecinta kopi sejati, mengawali hari tanpa minuman paling populer sejagat raya itu, ibarat nonton film Bollywood tanpa tarian dan lagu.

Sugesti kopi begitu kuat karena kopi memberikan semburan energi positif yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, dan panas dari secangkir kopi memberikan kenyamanan dan kehangatan pada tubuh kita.

Banyak orang memulai hari dengan secangkir kopi hangat sebagai pemasok energi. Kalau anda termasuk jenis pencinta kopi di pagi hari, tak ada salahnya mencoba racikan yang berbeda.

Beberapa bahan selain gula bisa membuat rasa kopi lebih kaya dan aromanya makin enak. Yang perlu diingat, jangan tambahkan berlebihan agar rasa dan aroma kopi alami bisa tetap anda nikmati.

Bahan-bahan ini bisa memberi rasa alami lebih baik dari gula. Coba pilih salah satu dan tambahkan dalam kopi pagi ini dan rasakan sensasi rasa dan aroma barunya.

1. Kayu manis

Selain kalorinya lebih sedikit, kayu manis bubuk juga punya banyak khasiat sehat. Aroma manis harumnya bikin kopi makin enak. Cukup tambahkan sedikit saja kayu manis bubuk dalam kopi, aduk rata dan nikmati sensasinya.

2. Susu almond,susu kedelai, santan

Susu sapi dan krimer sering jadi pilihan untuk membuat rasa kopi jadi creamy. Susu almond, susu kedelai yang kaya nutrisi bisa ditambahkan dalam kopi. Rasa gurih sedikit manisnya membuat kopi jadi makin enak.

3. Garam

Ya, garam yang asin gurih dan biasa Anda tambahkan dalam masakan bisa memperkaya rasa kopi yang pahit dan sedikit asam. Rasa gurih garam justru membuat rasa kopi jadi lebih manis.

4. Ekstrak vanili

Vanili biasa ditambahkan dalam pembuatan kue atau dessert dan minuman manis. Ekstrak vanili yang wangi manis akan membuat kopi lebih harum. Aroma ini akan membuat kopi menjadi lebih nikmat dihirup.

5. Madu

Rasa manis madu bisa jadi pilihan sebagai pengganti gula. Madu juga mengandung vitamin dan antioksidan. Pilih madu berkualitas dan tambahkan sedikit ke dalam kopi agar rasa manisnya tidak terlalu dominan.

6. Mentega, minyak kelapa

Kopi dengan tambahan mentega atau ‘bullet proof coffee’ sudah jadi racikan kopi populer. Mentega yang gurih meleleh dalam kopi memberi rasa creamy gurih yang enak. Selain mentega bisa dipakai minyak kelapa yang juga gurih dengan jejak manis rasanya.

7. Cokelat bubuk

Sama-sama dari biji, cokelat juga memberi rasa dan aroma ‘fruity’ dengan aksen pekat. Bisa dipadukan dengan kopi. Cukup tambahkan sedikit cokelat bubuk berkualitas untuk mendapatkan rasa uniknya.

8. Gula aren

Gula kelapa dan nira sedang jadi tren racikan kopi. Ini karena gula aren memberi aroma harum, rasa manis yang tak terlalu kuat dan sedikit rasa asam fruity yang enak. Iris halus gula aren sebelum diaduk bersama kopi panas. (Sumber: DetikFood)

Loading...