Sandar di Pelabuhan Sibolga, 15 ABK asal Singapura diperiksa terkait virus corona (Covid-19)

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com, Sibolga – Guna memastikan tidak adanya penyebaran virus corona (Covid-19), di wilayah Sibolga sekitaranya, sebanyak 15 Anak Buah Kapal (ABK) bermuatan aspal curah asal Singapura diperiksa.

Hal itu dijelaskan Koordinator Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Medan, untuk wilayah Kota Sibolga, Edison Gultom Senin (16/3/2020). Atas sandarnya kapal aspal asal Singapura itu di Pelabuhan Kota Sibolga.

“Kita sudah melakukan pemeriksaan terhadap 15 Orang ABK aspal curah dari Singapura dan dinyatakan negatif Virus Corona dan sekarang mereka telah kembali ke Singapura pada hari Minggu kemarin,” Kata Edison memastikan.

Masih katanya, kapal bernama MV Endricko yang memuatan aspal curah milik PT Multi Tranding Pratama Sibolga itu, tiba di Pelabuhan Kota Sibolga Pada hari Jum’at, 13 Maret 2020.

Baca juga  Seekor Penyu Raksasa Ditangkap Warga di Tapanuli Tengah

“Mereka bersandar selama 2 hari. Setelah mereka membongkar aspal muatan yang mereka bawa kembali menuju Singapura,” lanjutnya.

Selama mereka bersandar di Pelabuhan Kota Sibolga pihaknya langsung melakukan pemeriksaan kepada 15 ABK kapal yang dari singapura dengan mengunakan alat Thermogun

“Dan hasilnya negatif,” tandasnya.

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan berbagai upaya salah satunya, penyemprotan disinfektan diseluruh area Pelabuhan Kota Sibolga.

Meski ia mengakui, pihaknya belum memiliki Standart Opersional Prosedur (SOP) untuk Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Medan, untuk wilayah Kota Sibolga.

Baca juga  Hilang 20 Jam, Dua Bocah Laki-Laki Akhirnya Ditemukan Selamat

“Untuk itu kita belum ada pos untuk pencegahan Covid-19,” ujaranya.

Masih kata Edison, akan tetapi pihaknya masih berupaya melakukan kerjasama dengan pihak pelabuhan jika memang ada WNA yang melewati jalur laut dan singgah di Pelabuhan Kota Sibolga, maka pihak dari pelabuhan melaporkan kepada Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kota Sibolga, sehingga akan langsung dilakukan pemeriksan dan langsung dibawa ke kantor.

Sejauh ini belum ada kita temui yang terjangkit Virus Corona, namun kita akan tetap siaga dengan bekerjasama dengan pemerintah setempat,” pungkasnya. (R/BT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan