Kakanwil Kemenkumham Sumatera Utara Apresiasi Kanim Sibolga dan Pemkab Mandailing Natal, Ternyata Ini Alasannya

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com, Sinbolga – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Mhd Jahari Sitepu, mengapresiasi kinerja Imigrasi Sibolga dibawah komando Dr. Saroha Manullang SE. MM.

Pasalnya, paska berdirinya Unit Kerja Keimigrasian (UKK) Kantor Imigrasi Sibolga di Mandailing Natal pada 2022 lalu, telah banyak membantu dan memberikan kemudahan bagi masyarakat.

Di sela kunjungan Mhd Jahari Sitepu, Kakanwil itu didampingi oleh Kepala Kantor Imigrasi Sibolga Saroha Manullang.

Kunjungan bertujuan memonitoring dan evaluasi terkait proses pemetaan status UKK Mandailing Natal menuju Kantor Imigrasi kelas III (07/02/2024).

Evaluasi meliputi infrastruktur, sumber daya manusia, sistem administrasi, dan layanan publik yang diberikan.

Pendirian UKK Mandailing Natal tidak terlepas dari kerja sama dan kolaborasi yang sangat baik dari Pemkab Mandailing Natal dan Kantor Imigrasi Sibolga. Pemkab Mandailing Natal memiliki komitmen serius dalam pendirian UKK ini dengan menghibahkan gedung dan lahan kantor, peralatan kesisteman, serta kendaraan dinas roda empat dan roda dua untuk mendukung operasional UKK Mandailing Natal.

Baca juga  Dibuat Geger, Ular 5 Meter Ditemukan di Dapur Rumah Warga

“Komitmen yang dimiliki oleh Pemkab Mandailing Natal patut dicontoh oleh Pemkab lain di Sumatera Utara bahkan Indonesia dalam menyediakan pelayanan publik yang efektif dan efisien kepada masyarakat. Dengan adanya UKK di daerah seperti ini, maka masyarakat akan terbantu sekali dengan hadirnya negara melalui pelayanan keimigrasian dan dapat meningkatkan kepuasan publik kepada pemerintah daerah”ujar Jauhari

Selanjutnya, UKK Mandailing Natal akan direncanakan dibentuk menjadi satu satuan kerja keimigrasian yang mandiri. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi organisasi untuk lebih memaksimalkan pelayanan. UKK Mandailing Natal akan ditingkatkan statusnya menjadi Kantor Imigrasi Kelas III.

Mhd Jahari Sitepu juga menyampaikan apresiasinya terhadap upaya yang telah dilakukan oleh Kantor Imigrasi Sibolga dalam mempersiapkan UKK Mandailing Natal menjadi Kantor Imigrasi Kelas III. Beliau memberikan arahan-arahan serta rekomendasi-rekomendasi yang diharapkan dapat menjadi panduan bagi UKK Mandailing Natal dalam mengoptimalkan kinerjanya menuju kantor imigrasi kelas III.

“Saya sebagai Kakanwil Sumut, sangat mengapresiasi kinerja Kepala Kantor Imigrasi Sibolga Saroha Manullang beserta jajaran atas komunikasi yang baik dengan Pemkab Mandailing Natal dalam proses pendirian UKK Mandailing Natal hingga sampai saat ini dalam proses pembentukan Kantor Imigrasi Kelas III” tambah Jahari

Baca juga  Listrik Padam di Sibolga, Ini Jawaban Mantan Humasnya

Kunjungan ini menjadi kesempatan bagi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara untuk berdialog langsung dengan para petugas UKK Mandailing Natal serta masyarakat sekitar guna mendapatkan masukan yang lebih komprehensif terkait kebutuhan dan tantangan yang dihadapi.

Kantor Imigrasi Sibolga melalui UKK Mandailing Natal berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan publiknya demi memenuhi standar sebagai kantor imigrasi kelas III. Sinergi antara pusat dan daerah diharapkan dapat membawa dampak positif bagi peningkatan efektivitas dan efisiensi pelayanan imigrasi di wilayah Mandailing Natal.

Kunjungan monitoring dan evaluasi ini diakhiri dengan harapan untuk terus berkolaborasi dan saling mendukung antara Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal dengan Kantor Imigrasi Sibolga dalam mencapai tujuan bersama dalam pelayanan imigrasi yang lebih baik. (R)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan