Diterjang Longsor, 4 Rumah Alami Rusak Parah di Sibolga

  • Whatsapp
Foto : Perbukitan Santeong Sibolga yang longsor mengenai rumah warga, dan kunjungan Pemko Sibolga

BeritaTapanuli.com, Sibolga – Sebanyak empat (4) unit rumah warga diterjang longsor di Kota Sibolga, Sumatera Utara (Sumut), pada Selasa (28/6/21).

Disinyalir, akibat hujan deras yang mengguyur kota itu tejadi sejak Senin malam hingga Selasa dini hari.

Akibatnya, empat rumah warga pada bagian dapur ditimpa longsor.

Longsor tersebut terjadi di Jalan Santeong, Kelurahan Pancuran Gerobak, Kecamatan Sibolga Kota.

Sedangkan salah satu pemilik rumah (korban) Eliandi Naibaho saat ditemui di lokasi rumahnya mengatakan, kejadian naas tersebut terjadi sekitar pukul 05.00 WIB.

Eliandi menjelaskan longsor tersebut terjadi saat mereka sedang tidur, lalu dikejutkan suara gemuruh yang kuat terdengar di bagian belakang rumahnya.

“Awalnya kita sudah tertidur, namun, ada terdengar suara gemuruh, spontan kami satu keluarga langsung terbangun dan keluar rumah.” Jelasnya kepada awak media.

Baca juga  Tidak Memakai Masker ASN Bakal Disuruh Pulang

Masih kata Eliandi, setelah itu ia pun mengecek, hingga mendapati dinding dapurnya telah ambruk.

Dalam peristiwa itu tidak ada ditemukan korban jiwa.

Ternyata tidak hanya rumah Eliandi, namun, tiga rumah lainya juga turut tertimpa longsor. Sehingga mereka pun berharap perhatian pemerintah kota Sibolga dapat meringankan beban mereka.

Terpisah, Camat Sibolga Kota Santi Panggabean, SH., saat ditemui di lokasi kejadian menerangkan, keempat rumah yang mengalami kerusakan, yakni tiga rumah berada di gang Sanimas, dan satu rumah di gang Naibaho.

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Sibolga, Masnot Hasibuan yang berada di lokasi juga juga mengatakan, pasca terjadinya longsor  petugas BPBD Kota Sibolga langsung terjun ke lokasi melakukan pembersihan material dan pendataan terhadap kerusakan material.

Baca juga  Bangkai Penyu Ditemukan Di Perairan Sibolga, Komantab Lakukan Evakuasi

“Kita dari BPBD Kota Sibolga langsung gerak cepat membatu serta mengangkut material longsor.” Ungkapnya

Lanjut Masnot, untuk meringankan beban warga yang tertimpa bencana alam pemerintah Sibolga bersinergi dengan Dinas Sosial Pemerintah Kecamatan Sibolga Kota dan BPBD Sibolga.

“Kita telah menyediakan tenda darurat dan paket bantuan pangan di lokasi. Untuk itu kepada seluruh masyarakat Kota Sibolga yang bermukim dikawasan perbukitan kita himbau harus tetap waspada akan bahaya longsor jika sewaktu-waktu turun hujan deras,” Pungkasnya (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan