Bupati Taput Tinjau Pembangunan dan Kesiapan RSUD Tarutung

  • Whatsapp
Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M. Si didampingi Sekretaris Daerah Indra Sahat Simaremare, meninjau pembangunan dan kesiapan Rumah Sakit Umum Daerah Tarutung sebagai tempat isolasi pasien, Jumat (01/05/2020).

Bupati: “Kita harus mempersiapkan segala hal sebagai antisipasi apabila terjadi kemungkinan terburuk, namun tetap sesuai SOP.

BeritaTapanuli.com, Taput – Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M. Si didampingi Sekretaris Daerah Indra Sahat Simaremare, meninjau pembangunan dan kesiapan Rumah Sakit Umum Daerah Tarutung sebagai tempat isolasi pasien, Jumat (01/05/2020).

“Kita akan menambah ruangan untuk isolasi pasien dengan status ODP maupun PDP, ruangan yang sebelumnya akan kita benahi dan juga membangun ruangan baru. Rumah Sakit ini akan kita manfaatkan fasilitas yang ada semaksimal mungkin, akibat adanya kendala penolakan masyarakat terkait tempat isolasi pasien covid,”  terangan Bupati.

Bupati juga menjelaskan hasil peninjauan pembangunan gedung baru yang sedang berlangsung dan berharap agar dapat diselesaikan secepatnya.

Baca juga  Pembunuh Abang Kandung Terancam 15 Tahun Penjara

“Ada bangunan yang harus selesai dalam satu minggu dan sisanya akan selesai dalam 2 minggu ini. Dinas Perkim perlu memastikan bahwa bangunan harus sesuai dengan juknis dan SOP isolasi,  gak boleh ada kurang ataupun lebih, harus benar-benar pas. Bangunan baru yang sedang dikerjakan saat ini diperkirakan dapat menampung 32 pasien isolasi menambah daya tampung yang ada saat ini.” Lanjutnya.

Masih kata Nikson, kita juga sedang mempersiapkan pengalihan fungsi beberapa ruangan dan bangunan, termasuk kita juga akan mengosongkan beberapa rumah maupun asrama agar dapat digunakan sebagai ruang isolasi. Kita harus mempersiapkan segala hal sebagai antisipasi apabila terjadi kemungkinan terburuk, namun tetap sesuai SOP.

“Pengadaan beberapa sarana dan prasarana kita akan membeli sendiri (APBD) apabila tidak ada menerima bantuan dari Pemerintah Atasan. Saya juga sudah perintahkan agar dipersiapkan ruangan untuk melayani berobat umum maupun rawat jalan. Dokter dan medis yang terpapar hanya diperbolehkan melayani konsultasi via telp atau secara online, bukan melayani secara langsung,” tambah Bupati.

Baca juga  Disambut Bupati, Raja Belanda Tiba di Tapanuli

Selanjutnya, Bupati meninjau beberapa ruangan dan bangunan serta beberapa prasarana Rumah Sakit yang dapat dipergunakan agar lebih banyak menampung pasien ODP dan PDP termasuk meninjau sarana Dapur Umum.

“Dinas terkait harus melihat mana bangunan yang lebih flexibel dialihkan agar dapat sesegera mungkin untuk digunakan. Kita perlu persiapkan perencanaan yang baik, benahi dan lengkapi bangunan yang dialih fungsikan dan tetap mengacu pada juknis,” tegas Bupati. (F/BT)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan