Berkali-Kali Beraksi Pelaku Pencurian Berhasil Diamankan Warga

  • Whatsapp
Tersangka diamankan bersama barang bukti

BeritaTapanuli.com, Sibolga – Personil Polsek Sibolga Selatan berhasil mengamankan ADP alias A (27), warga Jln. Sibolga-Padangsidimpuan, Kel. Sibuluan I, Kab. Tapteng, Sumut.

Tersangka terlibat kasus pencurian berupa 2 buah loudspeaker, 1 buah kipas angin, 1 unit TV merk Toshiba warna hitam 32 inci, 1 buah karung plastik warna hitam merk Bintang Mas.

Kapolres Sibolga AKBP Triyadi melalui Kasubbag Humas Iptu R. Sormin, kepada wartawan Selasa (23/6), membenarkan penangkapan tersebut.

Sormin menerangkan, tersangka diamankan berdasarkan informasi dan laporan masyarakat di Polsek Sibolga Selatan.

Saat itu korban merupakan warga Sarudik, Kab. Tapteng, mengalami kerugian mencapai Rp 6,1 juta.

Korban saat itu kepada polisi melaporkan bahwa tersangka mengambil barang-barang miliknya lalu menyimpan di rumah tersangka.

Kepada petugas, tersangka mengakui perbuatannya, saat diinterogasi terungkap, tersangka pernah dihukum pada tahun 2008 silam, dalam kasus pencurian dan dihukum selama 1 tahun di Lapas Tukka.

Baca juga  Kementerian Kominfo Kembali Buka Pembatasan Media Sosial

Akibat perbuatannya tersangka ditahan di RTP Polsek Sibolga Selatan diduga telah melakukan tindak pidana pencurian sebagaimana dimaksud dalam pasal 363 ayat (1) ke 3e,5e Subs 362 dari KUHPidana dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun.

Kronologi :

Selasa 12/5 pkl 03.00 wib tsk  berencana utk melakukan pencurian dan sasaran warung kopi Pasco Barita yg terletak di Jln DE STB Panggabean Kel A.Habil Sibolga

Tersangka masuk dengan memanjat pagar dan berjalan menuju belakang rumah, kemudian memanjat pagar belakang dan masuk melalui lobang angin dan masuk kedalam warung.

Tersangka mengambil 1 unit TV merk Toshiba warna hitam 32″ dan keluar dari warung dengan membuka pintu depan.

Baca juga  Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-91 Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2019, Tema “Bersatu Kita Maju”

Kemudian TV dibawa ke Gg Kenanga Sibolga dan disembunyikan disemak semak.

Keesokan harinya tersangka membawa TV ke Jln Midin Hutagalung Sibolga dan menjual kepada seseorang (identitas telah dikantongi) dengan harga Rp 500.000.

Berhasil, tersangka kembali beraksi hari Kamis (18/6), sekira pukul 03.00 wib, dengan cara yang sama seperti semula. Lalu mengambil 2 buah loudspeaker dan 1 buah kipas angin.

Kemudian dimasukkan dalam karung beras dan dibawa ke Jln SM Raja Gg Kenanga Sibolga. Disana, barang curian disembunyikan disamping rumah warga.

Dan lagi, tersangka kembali kewarung kopi dan masuk serta mengambil 1 unit baterai basah. Namun, saat itu aksinya diketahui oleh warga lalu tersangka diamankan dan melaporkan pada pihak yang berwajib, dan tersangka dibawa ke Polsek Sibolga Selatan. (t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan