Bantu Nelayan Tradisional, TNI Ingatkan Jaga Keselamatan Saat Melaut

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com, Tapteng – Babinsa Koramil 03/Pandan Jajaran Kodim 0211/Tapanuli Tengah, membantu Nelayan merehab perahu, Sabtu (16/11/19). Kegiatan berlangsung di Kelurahan Lubuk Tukko, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng).

Kegiatan yang dilaksanakan Sertu Nerlis ini, merupakan bentuk kepedulian TNI kepada masyarakat. Yakni, sebagai tindakan tetap menjalin Komunikasi Sosial (Komsos) dengan warga binaan. Sekaligus bentuk dorongan atau motivasi buat warga, dalam mencari nafkah sehari-hari.

“Mata pencaharian, khususnya masyarakat yang bermukim di Pesisir Pantai Pandan Tapteng mayoritas sebagai Nelayan. Mereka masih mengandalkan perahu kecil untuk memcari ikan di laut,” ujar Dandim 0211/TT, Letkol Inf Dadang Alex,S.Sos melalui Danramil 03/Pandan, Kapten Inf Albert Saruksuk.

Baca juga  Satgas TMMD Seluruhnya Dirapid Test, Berikut Hasilnya

Orang nomor satu di Koramil 03/Pandan itu menuturkan, Faktor ekonomi sangat berpengaruh terhadap peralatan yang digunakan oleh para nelayan tradisional. Kehidupan nelayan tradisional masih serba sederhana dan belum kehidupannya masih belum mencukupi.

“Pemeliharaan perahu sangat penting. Apabila sudah waktunya, segera diperbaiki dan jangan di tunda-tunda, agar keselamatan tetap terjaga,” terang Danramil.

Albert juga berpesan, walaupun alat dan sarana masih sederhana, namun standar keselamatan harus diutamakan dalam segala pekerjaan. Demi menghindari hal-hal yang tidak di inginkan, apalagi saat melaut.

Baca juga  Selain Sasaran Fisik Satgas TMMD ke 110/2021, Bina Mental Pelajar

Pada pertemuan itu, T Marbun, Nelayan Tradisional mengungkapkan keluhan yang mereka hadapi. Disampaikannya, bahan-bahan untuk kelengkapan merehab perahu mereka yang telah termakan usia, saat ini sangat sulit ditemukan. Mereka berharap Babinsa mampu memberikan solusi yang mereka hadapi.

Babinsa senantiasa selalu mendengarkan keluhan para masyarakat, selanjutnya akan berkoordinasi dengan pihak tertentu. Guna mendukung kebutuhan para nelayan.

“Babinsa akan selalu berada ditengah-tengah masyarakat. Mendengarkan keluhan dan harapan dari masyarakat binaanya,” pungkas Danramil. (RBS)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan