Wujudkan Visi Misi, Bupati Toba Beri Benih Jagung Unggulan

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com, Toba – Bupati Toba Ir Poltak Sitorus dan Wakil Bupati Toba Tonny M Simanjuntak bersama Sekretaris Daerah Toba Audy Murphy O Sitorus beserta jajarannya melakukan kegiatan tanam jagung bersama masyarakat kelompok tani Kecamatan Sigumpar di Desa Nauli, Kamis (22/07/2021)

Penenaman tersebut bertujuan guna mensukseskan Pemulihan Ekonomi melalui Program Peningkatan Indeks Pertanaman Lahan Sawah dengan Komoditi Jagung di Kabupaten Toba.

Sebelum melakukan penanaman, Pemerintah Kabupaten Toba juga secara langsung menyerahkan bantuan sebanyak 294.6 kg benih jagung  kepada 7 kelompok tani di Kecamatan Sigumpar dengan total luas lahan sawah yang akan ditanam seluas 20 ha.

Dalam sambutannya, Bupati Toba menyampaikan bahwa kehadiran Pemerintah Kabupaten Toba untuk ikut dalam kegiatan penanaman jagung secara bersama sama dengan masyarakat adalah juga guna mensukseskan visi misi Kabupaten Toba yang Unggul dan Bersinar.

Baca juga  Komentari Ikan Mas Raksasa Hasil Pancingan dari Danau Toba, Netizen: Tolong Kembalikan Lagi Ikan Itu

Apalagi salah satu misinya adalah menjadikan Toba sebagai daerah pertanian makmur dan sejahtera.

Oleh karena itu, lanjut Bupati Toba, Pemerintah juga akan terlibat dalam mendorong kesuksesan tanam jagung hingga hasilnya dapat dinikmati oleh masyarakat petani di Kabupaten Toba.

Bupati Toba juga menyampaikan, pemerintah telah mempersiapkan benih jagung yang terbaik yakni Pioneer 32 yang akan diserahkan untuk kelompok tani yang lahannya telah siap untuk ditanam. Hal itu juga, guna menghindari penyalahgunaan dan harapannya agar jangan terjadi kegagalan tanam.

“Bibit akan diberikan untuk petani yang lahannya siap ditanam, mengapa demikian? guna mencegah bibit dijual kembali. Jangan jual bibitnya, kita harus tanam karena hasilnya pasti lebih besar.” tegas Bupati Toba.

Baca juga  Sudah Lama Hilang, Anak Remaja di Danau Toba Belum Ditemukan

Bupati Toba bahkan menekankan bahwa Toba harus bisa mandiri dan tidak bergantung pada bantuan dengan cara mempersiapkan hasil dari yang sekarang untuk membeli bibit kedepannya.

“Jangan hanya mengharapkan bantuan ditiap tahunnya karena saat ini pemerintah toba fokus pada lahan sawah 3000 ha dan tahun-tahun kedepan akan mengalihkan fokus ke daerah daerah lain yang bukan lahan sawah. Oleh karena itu, persiapkanlah hasil dari yang ditanam saat ini untuk dapat membeli bibit ditahun yang akan datang.” himbaunya.

Turut hadir dalam kegiatan tanam jagung yaitu Asisten II Sahat Manullang, Kadis Pertanian Jerry Silaen, Kadis Ketahanan Pangan Marsarasi Simanjuntak, Camat Sigumpar Jaga Situmorang dan Uspika kecamatan Sigumpar. (R)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan