Wali Kota Ikuti RUDS VI di California

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com – Wali Kota Sibolga Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, MM., bersama sejumlah kepala derah se-Indonesia, mengikuti Program Eksekutif Regional and Urban Development Strategy (RUDS) Gelombang VI di University of California Irvine.

Kegiatan diagendakan mulai dari tanggal 18 hingga 26 November 2019.

Sebagaimana program RUDS tersebut, dilaksanakan atas kerja sama Kementerian Dalam Negeri dan INADATA Consulting, LLC., dari Irvine, California, serta kerjasama berbagai Universitas di Amerika Serikat yang bertujuan untuk penguatan kapasitas pemerintah daerah di Indonesia.

Baca juga  Jelang New Normal, Tim Gabungan Gelar Patroli Operasi Aman Nusa II

Terutama dalam bidang perencanaan pembangunan daerah, pengembangan kompetensi, serta peningkatan daya saing daerah.

Tema umum Program RUDS yaitu pengembangan sinergi pemerintah daerah, perguruan tinggi, dunia usaha, dan masyarakat dalam membangun daerah yang berdaya saing.

Syarfi menyampaikan, “Program ini membuka wawasan, bagaimana membangun sinergi yang produktif antara perguruan tinggi, dunia usaha, dan pemerintah daerah dalam memajukan daerah.

Baca juga  Cek Reaksi Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Hari Ini

“Kerja sama antara swasta dan pemerintah (Public Private Partnership) dalam memajukan kota Irvine dan daerah Orange County di California, sehingga menjadi salah satu kota yang paling maju di Amerika Serikat. Oleh karena itu, patut untuk di contoh, untuk diterapkan di Sibolga.” Ujarnya.

Masih lanjutnya, juga sistem penanganan sampah (waste management system) patut menjadi salah satu pembelajaran untuk Kota Sibolga. (Ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan