Tarian Kreasi Dalihan Natolu, Tampil di Pentas Seni HUT Sibolga

  • Whatsapp

BERITATAPANULI.COM, SIBOLGA – Pagelaran Expo Hari Jadi Sibolga ke 319 tahun 2019, diisi dengan berbagai tampilan budaya sebagai simbol keberagaman dan kekayaan Indonesia.

Kali ini seni budaya etnis Angkola Sipirok turut tampil dalam acara malam seni budaya pada Selasa (26/3/2019), dilapangan Simaremare Sibolga.

Dalam kegiatan malam seni budaya etnis Angkola Sipirok, dibawah asuhan Ir Mauli Badia dan Iptu R.Sormin.

Tari kreasi Dalihan Natolu dan Salak Sibakkua, terlihat mengisyaratkan kekayaan budaya.  Sebagaimana menurut Sormin yang juga bertugas sebagai Kasubbag Humas Polres Sibolga ini, penampilan budaya etnis Angkola Sipirok diperankan oleh pemuda dan pemudi yang tidak seluruhnya berasal dari Angkola Sipirok. Akan tetapi terdiri dari berbagai suku.

Baca juga  Dalam Pembahasan Pelaksanaan Tatanan New Normal Produktif dan Aman Covid-19, Gubsu Apresiasi Pemkab Tapteng

Dan hal ini membuktikan bahwa bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai etnis selalu terjalin dengan kompak dan dapat bersatu sekaligus menumbuhkan kecintaan pemuda dan pemudi untuk saling mengetahui budaya dan adat dari etnis lain serta menghindari generasi penerus bangsa dari hal hal yang dapat merusak generasi penerus bangsa.

Seraya berharap Pemerintah kota Sibolga dapat membangun satu sanggar seni, yang dapat menjadi pusat belajar budaya guna memberikan pemahaman dan kencintaan etnis yang ada di negara RI dan khususnya etnis yang berdomisili di Sibolga.

Baca juga  Seorang Pria Alami Pecah Pembuluh Darah Mata, Gegara, Kena Semprot Disinfektan

Sementara pemuda pemudi yang tampil pada malam seni budaya menyambut Hari Jadi Sibolga ke 319 tahun 2019 ini direkut dari siswa/i SMP Negeri I Sibolga dan juga Pengurus etnis Angkola Sipirok yang berada di Sibolga – Tapteng.

Sormin juga mengucapkan terimakasih kepada Kepala SMP Negeri 1 Sibolga yang telah mengizinkan dan membantu untuk melatih siswa/i sehingga dapat tampil pada malam seni budaya menyambut Hari Jadi Sibolga ke 319 tahun 2019. (BT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan