Selandia Baru Tunda Pemilu, Covid-19 Kembali Merebak

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com – Virus corona kembali menyerang wilayah Selandia Baru. Bahkan, fase baru tersebut berdampak pada terganggunya Pemilihan Umum di negara itu.

Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern, sebagaimana dilansir dari CNN Indonesia menyebut, pemilihan umum ditunda selama empat minggu hingga 17 Oktober.

Disebutkan, keputusan itu diambil setelah kembali merebaknya virus corona di negara itu menghambat jalannya kampanye.

“Keputusan ini memberi waktu kepada semua partai selama sembilan minggu ke depan untuk berkampanye dan KPU cukup waktu untuk memastikan pemilu bisa berjalan,” kata Ardern juga dilansir dari AFP, Senin (17/8/2020).

Baca juga  Terlibat Kecelakaan, Dua IRT Merintih Kesakitan

Sebelumnya, Pemilu di negara itu bakal digelar pada 19 September mendatang.

Namun, akibat merebaknya virus corona, terjadi penguncian wilayah atau lockdown kota terbesar di Selandia Baru, Auckland diperpanjang pada Jumat (14/8) kemarin hingga 12 hari ke depan.

“Itu berarti Auckland akan tetap di level 3 dan seluruh Selandia Baru akan tetap di level 2 hingga pukul 23.59 pada Rabu (26/8),” Jelas Ardern.

Sebelum diperpanjang, pemerintah sudah mengunci Auckland untuk tiga hari sejak Rabu (12/8). Namun kemunculan kasus baru dalam tiga hari terakhir membuat pemerintah memutuskan untuk memperpanjang lockdown.

Baca juga  Tidak Kuat Menanjak, Mobil Penumpang Terbalik di Sipirok

Pada Selasa (11/8) dilaporkan empat kasus baru menimpa satu keluarga di Auckland. Pemerintah dengan cepat meminta seluruh warga untuk tetap tinggal di rumah dan mulai menerapkan lockdown sehari setelahnya.

Selain empat kasus tersebut, pemerintah juga menemukan 13 kasus lain dengan satu diantaranya terkait dengan komunitas. Sekitar dua diantara kasus tersebut berada di kota Tokoroa, selatan Auckland.

Pihak berwenang masih berupaya mencari tahu bagaimana penularan virus bisa kembali di Selandia Baru setelah selama 102 hari menyatakan terbebas dari Covid-10. (Sumber : CNN Indonesia)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan