Sayangi Keluarga, Virus yang Mesti Diwaspadai Bukan Saja hanya Covid

  • Whatsapp

Jakarta – Kesehatan keluarga merupakan hal terpenting yang harus dijaga, jika salah satu anggota keluarga jatuh sakit tentu itu akan membuat aktivitas ikut terganggu.

Terlebih akhir-akhir ini munculnya virus dan penyakit harus membuat keluarga lebih ekstra dalam urusan menjaga kesehatan.

Virus merupakan sebuah mikroorganisme yang kecil, bahkan lebih kecil dari bakteri yang memiliki banyak bentuk yang beragam. Virus memiliki sifat parasit yang artinya mereka membutuhkan sel atau jaringan hidup untuk hidup dan berkembang.

Seperti dilansir dari Healhtline, walaupun kecil virus ternyata dapat menyerang sel-sel yang ada di dalam tubuh dan menggunakan komponen sel yang ada di dalam tubuh untuk berkembang biak. Bahkan berbagai virus dapat membunuh sel inangnya sebagai bagian dari siklus hidupnya. Cukup mengerikan bukan?

Saat ini, dunia sedang diserang oleh salah satu jenis virus yang cukup mematikan, yaitu Virus Corona (COVID-19). Virus yang disinyalir berasal dari Wuhan, China tersebut sudah menyerang jutaan manusia di berbagai negara.

Baca juga  Sejoli Terciduk Mesum di Kolam Renang, Duh Keduanya Lempar Senyum

Di Indonesia, virus Corona yang menyerang sejak awal Maret ini juga telah menyebar luas. Per 11 Mei 2020, setidaknya terdapat 14.265 kasus positif sudah ditemukan di Indonesia dengan 991 orang yang meninggal dunia.

Meski begitu, tak hanya virus Corona yang perlu kita waspadai, karena masih ada sumber penyakit lainnya yang mengintai bila tidak cermat untuk ditangani seperti demam berdarah.

Dilansir dari website resmi WHO, virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti ini meningkat 30 kali lipat dalam 30 tahun terakhir. Adapun kasus DBD di Indonesia, per 5 Mei Kementerian Kesehatan mencatat ada 53 ribu kasus selama periode Januari hingga awal Maret 2020.

Lalu bagaimana caranya agar kita dapat terhindar dari 2 penyakit ini? Untuk virus Corona Anda dapat melindungi keluarga dengan menggunakan masker apabila memang diharuskan untuk keluar dari rumah.

Selain itu dengan mematuhi kebijakan PSSB yang dicanangkan pemerintah sudah dapat mengurangi risiko penyebarannya agar tidak lebih meluas. Adapun cara lainnya adalah dengan mencuci tangan menggunakan dan juga hand sanitizer selama 20 detik.

Baca juga  Ditengah Covid-19 Ribuan Calon Pengantin akan Dinikahkan

Salah satu hand sanitizer yang bisa digunakan adalah Antiseptic yang telah terpercaya mampu membunuh kuman dan juga bakteri yang ada di tangan dengan efektifitas 99% dalam waktu 4 detik. Ingat jangan pernah sekali-kali membeli hand sanitizer palsu karena tidak akan baik efeknya terhadap kulit. Antis juga bisa digunakan sebagai Alat Pelindung Diri (APD) yang memang wajib dimiliki untuk kalian yang sedang berada di rumah maupun sering pergi keluar rumah.

Tidak sampai di situ juga, lindungi juga keluarga dari demam berdarah dengan melakukan beberapa cara dengan program 3M Plus yang telah diinformasikan oleh pemerintah, rutinlah untuk menguras tempat penyimpanan air, menutupnya dan juga mengubur barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi. Selain itu juga menggunakan cara-cara tambahan seperti menggunakan pelindung dari nyamuk seperti semprotan nyamuk dan juga cara lainnya. (Sumber : Healhtline)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan