Puskesmas Kolang Gelar Perlombaan Peringati HKN ke-55 Tahun 2019

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com, Kolang (Tapteng) – Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 Tahun 2019 tingkat Kecamatan, Puskesmas Kolang menggelar berbagai perlombaan.

Bertempat di halaman Puskesmas Kolang, Kecamatan Kolang Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) pada Jumat (08/11/2019).

Adapun perlombaan tersebut seperti Tarian Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) untuk Anak TK-PAUD dan Senam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) untuk Kader Posyandu.

Selain itu, kegiatan juga digelar meliputi pemeriksaan gula darah/deteksi dini penyakit TM, pemberian makanan tambahan (PMT) untuk Gizi Buruk dan PMT untuk Ibu Hamil, pemberian Sertifikat Imunisasi yang sudah Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) dan merupakan inovasi Puskesmas Kolang.

Kepala Puskesmas Kolang Sri Yanthi Safitri Siregar, S.K.M, MKM, mengatakan HKN ke-55 tahun 2019 yang diperingati setiap tanggal 12 November di setiap tahunnya ini mengusung tema “Generasi Sehat, Indonesia Unggul”.

Dan bertujuan untuk mengajak masyarakat memiliki budaya hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan atau perilaku yang kurang sehat.

“Besar harapan kami, dengan adanya kegiatan HKN ini, masyarakat semakin mengerti pentingnya perilaku sehat, lingkungan sehat, serta gerakan hidup sehat, baik di keluarga, tempat kerja” kata Sri Yanthi Safitri Siregar.

Baca juga  Sukseskan Pendataan Keluarga Secara Online, Bupati Sebagai Peserta Perdana

Sementara itu, Camat Kolang, Saut Bona Situmeang, S.Pd, dalam sambutannya, juga mengajak masyarakat lebih memahami arti penting Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan berperan aktif untuk mewujudkan hidup sehat.

Ia juga mengapresiasi Puskesmas Kolang yang saat ini telah maksimal memberikan pelayanan kepada publik. Salah satunya, tenaga medis yang saat ini selalu stand by melaksanakan tugasnya melayani pasien.

“Jangan sampai sakit, apalagi terkena giji buruk. Saya selaku pimpinan kecamatan bertanggung jawab mengenai kesehatan masyarakat Kolang,” katanya.

Ditempat terpisah, Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Tapteng Ibu Hj. Nursyam, S.K.M, M.Kes, mengatakan, sesuai dengan tema peringatan HKN ke-55 tahun 2019, “Generasi Sehat, Indonesia Unggul” maka diharapkan pelayanan kesehatan kedepannya semakin meningkat.

Iapun mengajak masyarakat untuk membudayakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dengan berperilaku hidup bersih dan sehat.

Baca juga  Jurtul Togel Diamankan Polisi dari Warung di Sibolga

“Melalui momentum HKN ini, pesan-pesan GERMAS, sampaikan masyarakat yang terpenting, mari kita sama-sama memerangi Narkoba demi mewujudkan Generasi Sehat Indonesia Unggul di Kabupaten Tapanuli Tengah yang kita cintai ini,” ujar Nursyam.
Turut hadir pada acara itu, Camat Kolang, Kapolsek Kolang, mewakili Danramil Kolang, Lurah dan Kepala Desa se Kecamatan Kolang, Kepala KUA Kolang, Kader Posyandu, dan masyarakat.

Diakhir acara, dilaksanakan pemberian makanan tambahan (PMT) untuk Gizi Buruk kepada 5 Balita, serta seorang ibu hamil.

Juga Pemberian Sertifikat Imunisasi yang sudah IDL diberikan kepada 15 orang masyarakat.

Sementara, penyerahan hadiah perlombaan dan Tarian CTPS untuk Anak TK-PAUD Juara I TK/PAUD Sofia dari Kelurahan Kolang Nauli, Juara II PAUD Harapan Pertiwi dari Desa Unte Mungkur IV, dan Juara III PAUD Restu Mulia.

Penyerahan hadiah Senam GERMAS untuk Kader Posyandu kepada Juara I Kader Posyandu Desa Unte Mungkur IV, Juara II Posyandu Desa Unte Mungkur I, dan Juara III Posyandu Desa Satahi Nauli. (T/BT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan