Program HORAS Imigrasi Sibolga Permudah Pembuatan Paspor Orang Sakit Diapresiasi Warga

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com, Sibolga – Minggu merupakan hari libur bagi sebagian Petugas Imigrasi di Nusantara, juga merupakan waktu yang tepat untuk berkumpul dan bercengkrama bersama keluarga dan orang-orang tercinta baik di rumah maupun di luar rumah yang telah di impikan bersama.

Namun, ada yang menarik perhatian masyarakat, karena ada yang berbeda dengan Petugas Imigrasi Sibolga.

Bagaimana tidak petugas yang ditemui justru memberikan pelayanan khusus kepada orang sakit yang harus mendapatkan perawatan di luar negeri walaupun hari minggu.

Sebagaimana hari Minggu 29/05/2022, Tim bergerak menemui salah satu warga dipimpin langsung oleh Kepala Sub Seksi Lalulintas keimigrasian, Wawan Setiawan bersama staf.

Tujuan mereka adalah mengunjungi pemohon paspor yang sedang sakit bernama Tirawiah (81 tahun) warga kota Padangsidimpuan.

Hal ini pun membuat Tirawiah dan keluarga mengaku haru. Apalagi setiba di sana petugas langsung membantu proses permohonan penggantian paspor Ibu Tirawiah.

Sebelumnya Ibu Tirawiah tidak dapat hadir ke Kantor imigrasi Sibolga karena kondisi kesehatannya yang tidak memungkinkan.

Baca juga  Muscab DPC HIMNI Kota Sibolga Tahun 2019 Segera Digelar

Dan, tim dari Imigrasi Sibolga justru menjemput bola mendatangi untuk membantu permohonan paspor mulai dari proses pengambilan foto hingga pengambilan biometrik dapat dilakukan di rumah pemohon paspor.

“Ini lah disebut dalam Layanan HORAS (Hampiri Orang Sakit).” Ujar Wawan.

Program ini kemudian mendapatkan apresiasi yang sangat baik dari masyarakat, salah satunya dari ibu Sempurna Maida warga Kota Padangsidimpuan yang sudah menikmati pelayanan HORAS.

“Bagus ya inovasinya, dengan adanya layanan HORAS ini kami sangat terbantu karena ibu kami yang sedang sakit tidak harus datang lagi ke kantor imigrasi melainkan petugas sendiri yang datang ke rumah kami, kami merasa sangat terbantu dan sangat bangga dengan layanan HORAS,” ujarnya.

HORAS (Hampiri Orang Sakit) adalah sebuah program inovasi layanan dari Kantor Imigrasi Sibolga yang memberikan kemudahan dalam permohonan paspor bagi orang yang memiliki kebutuhan khusus seperti sakit dan membutuhkan perawatan dan pengobatan khusus di luar negeri.

Baca juga  3 Balon Walkot Terpapar Covid-19, Sahlul Situmeang: Para TS Harus Test Swab

Program ini juga memudahkan masyarakat, karena masyarakat tidak perlu datang ke kantor imigrasi melainkan petugas imigrasi yang akan datang ke rumah pemohon paspor.

“Ini merupakan salah satu cara memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.” ujar Saroha kepala Kantor Imigrasi Sibolga saat melepas keberangkatan tim Horas menuju Kota padangsidimpuan.

Saroha mengungkapkan bahwa pekerjaan yang mulia ini adalah ibadah yang indah dihadapan Tuhan Yang Maha Kuasa,  Tuhan akan melihat segala kebaikan yang rekan-rekan laksanakan dengan segala pengorbanan dan perjuangan.

“Mari lakukan dan laksanakan dengan sepenuh hati sesuai dengan motto pelayanan imigrasi sibolga yaitu “Imigrasi Sibolga Melayani Sepenuh Hati” ujarnya, sambil memberangkatkan tim dengan terlebih dahulu berdoa bersama.

“Masyarakat dapat memperoleh pelayanan HORAS (Hampiri Orang Sakit) dengan menghubungi call center imigrasi sibolga di nomor 0811 6255 655 atau dapat menghubungi imigrasi sibolga melalui media social imigrasi sibolga baik di Instagram, Facebook ataupun Twitter,” Tutup Saroha. (R)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan