Pimpin Rapat Apkasi, Bupati Tapanuli Utara Harapkan Pengalihan Kewenangan di Bidang Mineral

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com, Taput – Bupati Tapanuli Utara KRA Drs Nikson Nababan Darmonagoro MSi., selaku Ketua Bidang Pemerintahan dan Pendayagunaan Aparatur, pimpin Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) ke XIV di Sekretariat Apkasi, Gedung Sahid Sudirman Center Lantai 21, Jalan Jend. Sudirman Kav 86, Jakarta,  Jumat (08/07/2022).

Adapun Rapat ini merupakan tindak lanjut pembahasan rapat yang diselenggarakan pada tanggal  18 Juni 2022 lalu di Bogor tentang dampak negatif pengalihan kewenangan di bidang Mineral dan Batubara (Minerba) ke Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi.

Baca juga  Diduga Akibat Sengketa Lahan, Pihak HKBP Tidak Melakukan Sakramen Pemakaman di Sipoholon

Dampak negatif yang ditimbulkan dengan tidak diberikannya kewenangan di bidang Minerba kepada Pemerintah Kabupaten/Kota antara lain, bertambahnya beban Pemerintah Kabupaten dalam menanggulangi dampak negatif dari pertambangan mineral dan batubara tanpa diberi kewenangan dalam menerbitkan izin, juga tidak adanya kewenangan mengakibatkan bertambahnya tambang ilegal yang sulit bagi Pemerintah Kabupaten untuk ikut dalam pencegahan kerusakan ekosistem dan mengontrol di wilayah pertambangan tersebut.

Baca juga  Peringati Hari Kesehatan Nasional ke-56, Bupati Taput Bagikan Masker

Dalam rapat tersebut turut hadir Prof M. Ryaas Rasyid, MA. PhD (Penasehat Apkasi), Direktur Eksekutif Apkasi Sarman Simanjorang, Herman N. Suparman Anggota KPPOD (Komite Pemantau Pelaksanaan Otonomi Daerah), Bupati Bone Bolango H. Hanim Pou, S. Kom, MH serta Perwakilan Pemerintah Daerah. (F/BT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan