KPU Sibolga Capai 100 Persen, Latihan Situng Kedua

  • Whatsapp

BERITATAPANULI.COM, SIBOLGA – Latihan sistem penghitungan suara (Situng) KPU Kota Sibolga kembali digelar dalam tahap kedua, bertempat di Rumah Pintar Pemilu (RPP), Selasa (2/4/2019)

Sebagaimana persiapan penyelenggara Pemilu, mulai dari pengambilan surat suara dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dilakukan oleh personil disebut Caraka. Diteruskan ke bagian koordinator dan operator untuk di lakukan pemindaian, dan entri data, setelah itu diverifikasi oleh verifikator kemudian di kirim ke bagian data KPU RI.

Disaksikan oleh Ketua KPU Khalid Walid, dan dikoordinir penanggung jawab, Salmon Tambunan selaku Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu.

Baca juga  Tinjau Ujian SKD CPNS, Bupati : "Jangan Percaya Godaan Setan"

Salmon Tambunan, kepada wartawan menjelaskan rangkaian kegiatan adalah merupakan tahapan persiapan penyelenggara Pemilu dalam melakukan penghitungan suara dalam Pemilu Serentak.

” Ini merupakan latihan kedua, dan kita bisa maksimal hari ini, mencapai hasil 100 persen. Harapan kita dalam finalnya nanti yakni di tanggal 17 April, semua berjalan lancar, dan kami sebagai penyelenggara telah siap dalam melakukan tugas tersebut, ” terangnya.

Masih lanjut Salmon, dari hasil Situng ini nantinya menjadi real count resmi KPU, siapa-siapa yang menjadi pemenang dalam pemilu. Oleh karena itu, menjadi penting kita lakukan terus pematangan, apalagi hitungan ini menyangkut jaringan ke server dalam pemilu serentak. Dan nanti akan digelar kembali latihan ketiga kalinya, yakni tanggal 10 April, jelasnya.

Baca juga  Apakah Mungkin Jika Diadakan Saat Pandemi Corona, KPU Ungkap Tata Cara Pilkada Serentak

Terkait, Komisioner yang sudah dua periode ini menjabat di KPU Sibolga sembari mengajak masyarakat untuk turut mensukseskan Pemilu serentak.

“Masyarakat jangan Golput, mari ke TPS sukseskan pemilu, kepada masyarakat yang pindah memilih, masih ada waktu sampai tanggal 10 April untuk mengurus pindah memilih (A5). Ingat tanggal 17 April datang ke TPS,” pungkasnya. (T/BT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan