Dandim 0211/TT Paparkan Wasbang Kepada Ratusan Pelajar

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com, Tapteng – “Jadilah Pioneer masa depan bangsa. Berjiwa kompetitif dan karakter mulia. Tanamkan jiwa seorang Patriot, yang tidak pernah menyerah serta tunjukan prestasi kalian”.

Demikianlah ditegaskan Komandan Kodim 0211/TT, Letkol Inf Dadang Alex saat memberikan materi Wawasan Kebangsaan kepada ratusan pelajar SMA Negeri 1 Plus Matauli Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Rabu (16/10/19).

Dalam pemaparannya mewakili Komandan Korem 023/KS, Kolonel Inf Tri Saktiyono di Aula Audio Visual SMAN 1 Plus Matauli, Dandim juga berharap agar pelajar nantinya menjadi generasi penerus bangsa yang unggul dan berprestasi.

“Konsentrasi belajar, tumbuhkan disiplin dan tanggung jawab. Miliki sikap ulet dan pantang menyerah. Minat dan motivasi harus tinggi, tetap giat belajar serta selalu gali ilmu pengetahuan dan baca buku. Namun, sesekali lakukan penyegaran pikiran,” pinta Letkol Inf Dadang Alex.

Pemegang tongkat Komando Kodim 0211/TT itu juga mengingatkan para pelajar, agar bijak dalam bersosial media. Selalu selektif menelaah sesuatu dan jangan asal terima dan langsung membaginya.

Kegiatan yang diselenggarakan di SMAN 1 Matauli Pandan tersebut, merupakan pemberian Wawasan Kebangsaan Bela Negara dalam rangka serbuan Teritorial Korem 023/KS Tahun Anggaran 2019.

Baca juga  Kapolres Jajaran Polda Sumut Sertijab, Kapolda : Hari Ini Dilantik Besok Siap Diganti

Kegiatan mengambil Tema “Melalui Serbuan Teritorial Tingkatkan Sinergitas TNI-AD dengan segenap Komponen Bangsa”.

Pada pemaparannya, Dandim mengambil judul “Wujudkan Generasi Emas Bangsa Demi Kejayaan NKRI”.

“Indonesia adalah negara yang kaya, baik Sumber Daya alam maupun Sumber Daya Manusia. Terdiri dari beraneka ragam suku bangsa, ada sekitar 1.340 suku bangsa. Namun kita dipersatukan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” papar Dadang.

Lulusan akademi militer tahun 1999 tersebut juga menyampaikan, Negara Indonesia yang besar dan kaya, menjadi incaran negara lainnya. Untuk itu diharapkan kepada seluruh komponen bangsa, agar tetap menjaga dan mempererat persatuan dan kesatuan.

“Hindari tawuran, hindari bolos sekolah, hindari melanggar peraturan yang berlaku serta taat berlalu lintas,” imbaunya.

Pada kesempatan tersebut, Orang nomor satu di Kodim 0211/TT itu juga menyayangkan tingginya angka penyalahgunaan Narkoba. Yakni, pelajar 27,32 persen, pekerja 50,34 persen serta yang tidak bekerja sebanyak 22,34 persen.

“Adik-adik ini masa depannya cerah semua. Jangan sampai rusak akibat Narkoba,” sebutnya.

“Sesungguhnya, kita ini bangsa patriot. Ciri khas indonesia, yakni Ksatria dibuktikan adanya senjata khas dan punya tari perang daerah masing-masing. Selain itu juga kita memiliki jiwa pantang menyerah,” ucap mantan Komandan Secata A Rindam I/BB itu.

Baca juga  Diwarnai Pemberian Ulos, Kajari Putra Tapteng diganti Putra Siantar

Selain memberikan pemaparan, pemberian wawasan kebangsaan juga dibarengi pemutaran film durasi pendek mengenai perjuangan bangsa indonesia. Film yang menunjukkan perjuangan dengan semangat berapi-api melawan penjajah, walaupun dengan keterbatasan persenjataan.

“Pada prinsipnya setiap anak lahir di dunia mempunyai keunggulan. Student Today, Leaders Tomorrow. Indonesia… Maju!!!, Sumut… Bermartabat!!!, SMA Negeri Matauli… Berprestasi!!!,” teriak Dandim lantang bersemangat, yang disambut teriakan semangat oleh seluruh pelajar.

Kepala Sekolah SMAN 1 Plus Matauli, Murdianto dalam sambutannya menyampaikan, pemberian wawasan adalah sangat penting untuk bekal pelajar nantinya.

“Kami minta kepada murid-murid agar mengikuti pemberian wawasan kebangsaan ini dengan baik. Sebab, akan sangat berguna nanti untuk meniti masa depan,” sampai Wakil Kepala Sekolah, Imam Purhadi mewakili Kepala Sekolah SMAN 1 Matauli.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 0211/TT Letkol inf Dadang Alex, Wasep bidang Serbuan Teritorial dari Sterad Kolonel Inf Bambang Sulistiyantoro serta rombongan, Kasiter Rem 023/KS Letkol Kav Setia Budi, Pasiter Korem 023/KS Mayor Inf JE SitumeanG, Personel Korem 023/KS dan Kodim 0211/TT, guru-guru SMAN 1 Matauli dan ratusan pelajar. (RBS).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan