Cegah Karhutla, Koramil 05/Kolang Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

  • Whatsapp

TAPTENG, KATANIASNEWS.COM – Musim Kemarau akan tiba, para Bintara Pembina Desa Koramil 05/Kolang Jajaran Kodim 0211/TT melaksanakan berbagai kegiatan mengantisipasi Pembakaran Hutan dan Lahan. Selain patroli lingkungan binaannya, Babinsa juga mensosialisasikan dan memberikan penyuluhan tentang Karhutla.

Sesuai tupoksi serta arahan Komando atasan, Para Babinsa Koramil 05/Kolang memberikan himbauan kepada warga binaannya. Semua pihak diminta agar mengantisipasi bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan.

Seperti halnya yang dilakukan Babinsa Unte Mungkur 1, Kecamatan Kolang, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sertu Agus Triono. Guna mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di desa binaannya, Agus memberikan penyuluhan dan sosialisasi tentang Karhula kepada warga desa binaannya.

“Seluruh lapisan masyarakat wajib menjaga lingkungan sekitar. Termasuk mengantisipasi terjadinya Karhutla. Apalagi kita mau memasuki musim kemarau. Diminta kepeduliaan kita bersama, ” ujar Dandim 0211/TT, Letkol inf Jimmy Rihi Tugu melalui Danramil 05/Kolang Kapten Inf Legiman.

Baca juga  100 Kepala Keluarga Terima Tali Asih dari Bupati Tapteng

Danramil mengingatkan, dalam membuka atau mengolah lahan, masyarakat dihimbau agar tidak melakukan pembakaran. Sebab hal itu dapat menimbulkan merebetnya api ke lahan sekitar dan kebakaran menjadi meluas. Akibatnya pun dapat merugikan semua pihak.

“Apabila melihat warga melakukan pembakaran lahan, agar ditegur atau dilarang. Jika ia masih tetap melakukan pembakaran lahan, laporkan kepada aparat terkait, ” pesan Legiman, orang nomor satu di Koramil 05/Kolang itu.

Danramil memaparkan, Pembakaran Lahan adalah perbuatan melanggar hukum pidana. Hal itu secara tegas diatur dalam Pasal 50 ayat 3 huruf (d) UU Nomor 41 Tahun 1999 Tentang Kehutanan.

Baca juga  BPBD Tapteng Himbau Masyarakat Cegah COVID-19

“Pelajar dan Mahasiswa juga memiliki peran dalam Mengantisipasi Karhutla. Ingatkan kepada teman-teman serta orangtua untuk tidak membakar lahan. Jadilah generasi penerus bangsa yang peduli lingkungan,” harap Legiman, Mantan Perwira Seksi Teritorial Kodim 0211/TT itu.

Kades Unte Mungkur 1, Rapain Situmeang memberikan apresiasi atas usaha dan upaya Jajaran Koramil 05/Kolang. Ia juga berjanji, akan membantu membuat himbauan secara tertulis kepada warganya.

“Terimakasih buat Jajaran Koramil 05/Kolang, khususnya para Babinsa yang selalu memberikan perhatian kepada lingkungan dan masyarakat,” sebut Kades Unte Mungkur 1.(SAM/BT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan