Jalan Sikkam-Sibabangun Tertutup Longsor, Koramil 04/Pinangsori Gelar Karya Bhakti

  • Whatsapp

TAPTENG, BERITATAPANULI.COM – Karya Bhakti Komando Rayon Militer 04/Pinangsori Jajaran Kodim 0211/TT telah berhasil membuka akses Jalan Sikkam Sihiong-Sibabangun, Kecamatan Sibabangun, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng). Karya Bhakti dilaksanakan bersama BPBD Tapteng dan masyarakat Kelurahan Sibabangun, Selasa (5/3/2019).

Jalan akses yang cukup ramai dilintasi masyarakat tersebut, sebelumnya tertutupi material longsor. Sehingga, mengakibatkan kendaraan roda 2 dan 4 tidak bisa melintas.

“Berdasarkan laporan Babinsa Kelurahan Sibabangun, Sertu Panggabean Hasibuan, longsor terjadi akibat hujan deras. Hujan yang turun seharian dengan intensitas tinggi, disertai angin kencang mengakibatkan tebing di sebelah kanan dan kiri jalan mengalami longsor,” ujar Dandim 0211/TT, Letkol Inf Jimmy Rihi Tugu melalui Danramil 04/Pinangsori Kapten Inf Mansyur Her Alam.

Selanjutnya, terang Mansyur, tanah longsoran tersebut menutupi badan jalan. Akibatnya, sejumlah kendaraan roda 2 maupun roda 4 tidak dapat melintasi jalan tersebut.

Baca juga  Anggota DPRD Terlibat Narkoba, Terancam di Pecat

“Melihat kondisi demikian terjadi di wilayah binaannya, Babinsa kita segera bertindak bersama masyarakat. Mereka bergotong-royong membersihkan material longsor yang menutupi badan jalan,” jelas perwira TNI-AD berpangkat tiga balok emas di pundak itu.

Berkat Karya Bhakti, walau dengan peralatan seadanya tersebut, jalan akses masyarakat itu sudah dapat dilintasi kendaraan roda 2. Namun demikian, harus tetap berhati-hati serta memperhatikan faktor keamanan.

Menindaklanjuti hal tersebut, Danramil 04/Pinangsori bersama Muspika Kecamatan Sibabangun segera berkoordinasi. Koordinasi berikutnya, dilakukan dengan Pemerintah Kabupaten Tapteng, yakni dengan pihak BPBD dan Dinas Pekerjaan Umum.

“Koordinasi dilakukan untuk menindaklanjuti pembersihan material longsor. Pembersihan material longsor dengan menggunakan Unit alat berat,” imbuhnya.

Mansyur, orang nomor satu Koramil 04/Pinangsori tersebut menuturkan, salah satu tugas Babinsa yaitu membantu warga mengatasi kesulitan. Serta menjadi motor penggerak masyarakat, agar lebih peduli terhadap lingkungan sekitar.

Baca juga  Nelayan Pancing Ditemukan Tidak Bernyawa Didekat Sampannya di Perairan Danau Pandan

“Akhir-akhir ini, intensitas hujan semakin tinggi. Sehingga warga harus ekstra hati-hati dan waspada. Sehingga, apabila sewaktu-waktu terjadi bencana longsor, akan meminimalisir jatuhnya korban jiwa,” harap Danramil.

Camat Sibabangun memberikan rasa salut dan apresiasi atas gerak cepat yang di pelopori TNI-AD tersebut. Ia juga mengungkapkan terimakasihnya atas kepedulian masyarakat dan pihak terkait, yang turut serta dalam kegiatan Karya Bhakti itu.

“Terimakasih buat Bapak Danramil 04/Pinangsori dan para Babinsa yang selama ini sudah cukup banyak membantu warga yang mengalami kesulitan. Kita berharap kedekatan TNI dengan masyarakat tetap terjalin,” sebut Camat. (SAM/BT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan