Banjir Rendam 13 Desa dan 1.451 Rumah Di Batubara

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com — Banjir melanda 13 desa dari lima kecamatan di Kabupaten Batubara, Sumatra Utara, Senin (12/7/2021).

Dari ke 13 desa tersebut, terdata sedikitnya 1.451 unit rumah yang terendam banjir.

Hal tersebut berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Batubara.

Bahkan, diperkirakan banjir mencapai ketinggian antara 30-80 sentimeter.

Adapun wilayah yang terdampak bencana hidrometeorologi tersebut meliputi Desa Nenasiam dan Sei Buah Keras di Kecamatan Medang Deras.

Kemudian desa Bangun Sari di Kecamatan Datuk Tanah Datar, Desa Padang Genting dan Benteng di Kecamatan Talawi.

Lalu Desa Kuala Gunung, Air Hitam dan Cahaya Perdomuan di Kecamatan Datuk Lima Puluh.

Selanjutnya Desa Perkebunan Sei Balai, Sukorejo, Suka Ramai, Kwala Sikasim dan Desa Perjuangan di Kecamatan Sei Balai.

Baca juga  Bocah 6 Tahun Hanyut Usai Sholat Belum Ditemukan

Selain itu, BPBD Batubara mencatat banjir berdampak pada 492 hektare lahan perkebunan dan pertanian milik warga.

Sementara korban jiwa dari bencana yang dipicu faktor tingginya intensitas hujan dan air kiriman dari wilayah lain itu masih dalam pendataan.

Hal tersebut disampaikan Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari di Jakarta, Selasa (13/7/2021).

Dalam rangka percepatan penanganan banjir, BPBD Batubara telah berkoordinasi dengan lintas instansi terkait pendirian posko pengungsian di masing-masing desa terdampak.

Selain itu, kini BPBD bersama tim gabungan unsur TNI dan Polri juga mengecek langsung ke lapangan untuk asesmen dan menginventarisasi kerusakan sarana prasarana yang ada.

Baca juga  Harga Cabai di Siborong-borong Melonjak Naik

“Data per hari ini, kondisi banjir di beberapa desa mengalami kenaikan. Namun beberapa desa lainnya mengalami penyusutan,” katanya.

Dalam hal ini, BPBD Batubara mengimbau warga terdampak agar tetap siaga dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait di lokasi.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini cuaca sebagian besar wilayah Provinsi Sumut.

Secara khusus wilayah Batubara yang didominasi hujan ringan hingga sedang pada malam hari hingga Rabu (14/7/2021) besok.

Dengan melihat adanya prakiraan cuaca tersebut, BNPB meminta seluruh komponen, baik dari pemerintah daerah maupun masyarakat agar dapat mengantisipasi adanya potensi bencana hidrometeorologi. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan