60 ABK Indonesia di Jerman Akan Dipulangkan

  • Whatsapp
WNI Siap dipulangkan (Foto Istimewa)

BeritaTapanuli.com – Sebanyak 60 anak buah kapal (ABK) Indonesia di Hamburg, Jerman, telah dipulangkan ke Tanah Air pada Rabu (6/5/2020) waktu setempat.

Kepulangan mereka difasilitasi oleh KJRI Hamburg yang bekerja sama dengan KBRI Berlin dan KJRI Frankfurt, guna memulangkan anak buah kapal pesiar Mein Schiff.

Dari rilisan pers Kamis (7/5/2020), ABK Indonesia di Hamburg yang dipulangkan kali ini berjumlah 60 orang terdiri dari 45 orang di Kapal Mein Schiff 4 dan 15 orang di Kapal Mein Schiff 6.

“Mengingat minimnya opsi jalur penerbangan komersial pada masa Covid-19, maka rute yang diambil adalah dari bandara internasional Hamburg transit via Frankfurt dan Doha,” demikian keterangan lanjutan di siaran pers tersebut.

Baca juga  Kementerian PPPA Sampaikan Kemajuan Peranan Perempuan Indonesia di Thailand

Kapal Mein Schiff 4 dan 6 selama beberapa waktu ini telah berada di perairan Bremerhaven, Jerman, dan tidak dapat beroperasi karena dampak Covid-19. KJRI Hamburg memastikan kedua kapal ini merupakan kapal pesiar yang para anak buah kapalnya bebas infeksi Covid-19.

Para ABK dilaporkan sangat antusias dalam kepulangannya ke Indonesia. Salah satunya Rudi Hariyanto yang baru bekerja tiga bulan. Ia menyampaikan apresiasi kepada perwakilan RI di Jerman atas bantuan yang diberikan dalam proses pemulangan.

“Saya menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan KBRI dan KJRI di Jerman untuk kepulangan kami. Saya berharap kondisi ini dapat cepat pulih sehingga saya dan teman-teman dapat bekerja lagi,” ujarnya.

Baca juga  Giliran Jepang Evaluasi Warganya dari Indonesia

Mein Schiff merupakan kapal pesiar milik TUI Cruises yang berasal dari Jerman. Khusus untuk Mein Schiff 4, kepulangan kali ini merupakan tahap kedua setelah tahap pertama pada 16 April 2020 berhasil memulangkan 56 ABK. Ke depannya, kru kapal Mein Schiff akan dipulangkan secara bertahap ke Indonesia.

Para ABK ini direncanakan tiba di Jakarta pada 7 Mei 2020 dan akan dipulangkan oleh perusahaan ke daerah asal masing-masing, di antaranya Yogyakarta, Solo, dan Surabaya melalui jalur darat menggunakan bus.

Proses pemulangan berjalan dengan baik. Seluruh ABK dalam keadaan sehat dan telah dibekali surat keterangan sehat serta bebas Covid-19 dari perusahaan. (Sumber : waspada.id)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan