4 Daerah Jadi Lokasi Food Estate Di Sumut, Dimana Saja?

  • Whatsapp

Berita Tapanuli – Presiden Joko Widodo mengungkapkan empat daerah yang diplot sebagai kawasan lumbung pangan (food estate) di Sumatra Utara (Sumut).

Ke empat daerah tersebut dimana saja?

Lokasinya, di Kabupaten Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, dan Pakpak Bharat.

Dengan total luasan lahan di empat daerah yang akan dikembangkan tersebut mencapai 30.000 hektare.

“Di sini ada luas lahan 60.000 hektare, dan yang akan ditanam, akan digunakan untuk food estate adalah seluas 30.000 hektare,” ujar Jokowi di desa Riaria, Kecamatan Pollung, Humbahas, Sumut, Selasa (27/10/2020).

Baca juga  Aliansi Nelayan Bersatu Unjuk Rasa ke Gedung DPRD Sibolga

Lumbung pangan yang tengah dikembangkan tersebut akan ditanami komoditas pangan berupa kentang, bawang merah, dan bawang putih.

“Insyaallah nanti, ini sudah dimulai penanamannya, akan kita lihat hasilnya kira-kira nanti 2 bulan sampai 2,5 bulan,” ujar Presiden.

Indonesia memiliki dua tempat yang akan dikembangkan menjadi lumbung pangan nasional, yaitu di Sumatra Utara dan Kalimantan Tengah.

Berbeda dengan di Sumut, lumbung pangan di Kalimantan Tengah akan ditanami komoditas pangan padi dan singkong.

Baca juga  Listrik Gratis Selama 6 Bulan untuk UMKM dan Industri Kecil, Ini Cara Mendapatkannya

“Sudah dua kali saya ke Kalimantan Tengah, di sana akan di bangun food estate khusus untuk padi dan untuk singkong,” ungkap Jokowi.

Lumbung pangan yang tengah dikembangkan di dua provinsi itu, akan dijadikan contoh bagi pengembangan di provinsi lain.

“Saya rasa, kita ingin melihat model bisnisnya seperti apa, proses bisnis yang akan dilakukan di sini seperti apa. Hitung-hitungannya sudah ada, ini akan menjadi contoh untuk provinsi-provinsi lain yang ingin membuat food estate,” jelas Jokowi menambahkan. (R)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan