Dilirik Jadi Wilayah Food Estate, Ini Dia Bakal Lokasi 3 Kecamatan Di Tapteng

  • Whatsapp

Berita Tapanuli, Tapteng – 4 wilayah di Sumatera Utara, ditetapkan menjadi lumbung pangan Nasional atau Food Estate.

Hal itu dikemukakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau perkembangan pembangunan kawasan food estate di Desa Ria-Ria, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Selasa (27/10/2020).

Nah, Kabupaten Tapanuli Tengah menjadi salah satu dari keempat wilayah tersebut.

Kawasan food estate tersebut nantinya akan dikembangkan menjadi pertanian modern berbasis hortikultura.

Dimana saja di Kab. Kabupaten Tapanuli Tengah?

Terkait, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah pun menyambut hangat kebijakan ekonomi tersebut.

Bahkan, pemerintah ternyata sudah siap menyediakan lahan seluas 12.655 hektar untuk pengembangan lumbung pangan Nasional melalui program food estate.

Sebagaimana diungkapkan Kepala Bappeda Tapteng Basyri Nasution, Selasa sore.

Basyri Nasution menjelaskan, manfaat pembangunan Food Estate untuk meningkatkan nilai tambah produksi sektor pertanian lokal.

Baca juga  Pria Paruh Baya Ditemukan Tewas Gantung Diri

“Lahannya di wilayah Kecamatan Kolang, Sorkam dan Sosorgadong. Untuk Tapteng luasan 12.655 hektar,” katanya.

Ia pun menilai, hal itu tentu akan berdampak langsung bagi masyarakat, seperti meningkatkan penyerapan tenaga kerja pertanian.

Apalagi, petani dapat mengembangkan usaha tani dalam skala luas.

Terintegrasinya sistem sentra produksi, pengolahan dan perdagangan. Terbukanya protensi ekspor pangan ke negara lain. Harga pangan menjadi murah, akibat produksi pangan melimpah.

“Sekarang tim lagi ke lapangan melihat vegetasi tanaman hutan produksi terbatas dan aneka ragam hayatinya. Juga ditinjau kemiringan lahan yang mau dijadikan lokasi food estate. Selanjutnya akan diukur,” jelas Basyri.

Sebelumnya, Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani mengucap syukur dan merasa bangga atas ditetapkannya Tapanuli Tengah menjadi lumbung pangan Nasional tersebut.

Baca juga  Tabrak Lari, Supir Becak Motor Jadi Korban

“Terima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi dan Kementerian terkait, karena Tapteng sudah diberi percayaan menjadi salah satu wilayah food estate,” ucap Bakhtiar Ahmad Sibarani kepada wartawan.

Ia mangaku, dengan ditetapkannya Tapteng menjadi daerah lumbung pangan, adalah merupakan sebuah peluang bagi masyarakat.

“Ini adalah kesempatan bagi masyarakat kita untuk mendapatkan lapangan pekerjaan baru. Semoga dengan program ini nantinya akan menambah kemakmuran bagi masyarakat Tapanuli Tengah, dan bisa menjadi berkah bagi kita bersama,” kata Bupati.

Bupati pun berharap agar masyarakat memberikan dukungan, supaya program lumbung pangan Nasional di Tapanuli Tengah bisa terwujud.

“Dan mohon dukungan dari semua lapisan masyarakat agar ini bisa terwujud, agar potensi yang ada di Tapanuli Tengah bisa kita manfaatkan secara optimal demi kepentingan masyarakat,” ujarnya. (R)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan