3 Proyek Jalan Tol Terbaru di Sumatera Utara Telah Rampung dan Segera Beroperasi di Tahun 2023 ini

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com, Sumut – Provinsi Sumatera Utara dalam waktu dekat akan segera mengoperasikan tiga ruas jalan tol mereka.

Proyek jalan tol terbaru di Sumatera Utara yang siap digunakan tersebut adalah Jalan Tol Stabat Kuala Bingai.
Jalan Tol Stabat Kuala Bingai sendiri merupakan salah satu bagian dari ruas Jalan Tol Binjai Langsa.
Jalan Tol Stabat Kuala Bingai tersebut memiliki panjang total 7,55 km dan dikembangkan oleh PT Hutama Karya.
PT Hutama Karya sendiri dalam pernyataannya akan segera mengoperasikan ruas Jalan Tol Binjai Langsa seksi Stabat Kuala Bingai tanpa membebankan tarif dalam waktu dekat.
Pemberlakuan aturan tanpa tarif tersebut juga akan dibarengi dengan sosialisasi terkait aturan berkendara saat melintas di jalan bebas hambatan.

Sering kali masyarakat belum mengetahui jika aturan bagi para pengendara yang melintas di jalan tol berbeda saat melaju di jalan lintas provinsi atau jalan nasional.

Baca juga  Dikabarkan, Maju Pilkada Medan, Bobby Bilang Terima Kasih

Salah satunya adalah, terkait aturan putar balik kendaraan yang jarang diketahui oleh masyarakat umum.

Tidak hanya itu, aturan terkait batas kecepatan maksimal, beban yang diangkut juga sering luput dari perhatian para pengguna jalan tol.

Jalan Tol Stabat Kuala Bingai sendiri dibangun dengan desain kendaraan dapat melaju dengan kecepatan maksimal 80 km per jam.

Lebih lanjut, Jalan Tol Stabat Kuala Bingai disebutkan telah memiliki Sertifikat Laik Operasi (SLO) yang telah dikeluarkan pada 8 Agustus 2023 lalu.

Hal tersebut disampaikan oleh Executive Vice President Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo.

Dengan rampungnya pembangunan fisik serta telah dikantonginya sejumlah persyaratan terkait, maka Jalan Tol Stabat Kuala Bingai bersama dua proyek lainnya siap dioperasikan.

Baca juga  Sirene Mengaung, Ternyata Rumah Sakit Putri Hijau Terbakar

Bersama Jalan Tol Stabat Kuala Bingai, dua jalan tol lainnya yakni Jalan Tol Indrapura Lima Puluh dan Jalan Tol Kuala Tanjung Tebing Tinggi siap digunakan oleh masyarakat.

Sebagai informasi, Jalan Tol Stabat Kuala Bingai juga sebelumnya telah dioperasikan secara fungsional pada mudik lebaran 2023 lalu.

Pihak pengelola mencatat, terdapat lebih 24 ribu kendaraan melintas di Jalan Tol Stabat Kuala Bingai pada saat momen mudik lebaran.
Sebelumnya, Sumatera Utara tengah sibuk dengan berbagai proyek pembangunan jalan tol di wilayahnya yang termasuk dalam mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera.

Namun kini, salah satu ruas jalan tol di Sumatera Utara yang terbaru telah selesai dikerjakan dan menyusul dua proyek lainnya serta siap dioperasikan 2023 ini.(r)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan