Hujan Deras Sejumlah Longsor Terjadi di Jalinsum

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com, Tapteng – Hujan deras yang melanda wilayah Tapanuli, pada hari Jumat (15/9) hingga Sabtu (16/9) tak sedikit menyebabkan bencana alam tanah longsor.

Bahkan pohon tumbang dan banjir diwilayah Tapanuli Tengah pun juga terjadi.

Titik lokasi rawan yang terdampak akibat cuaca ekstrim tersebut antara lain banjir di kecamatan sarudik, tanah longsor dan pohon tumbang di kecamatan sitahuis dan kecamatan poriaha Kab. Tapanuli Tengah yang merupakan akses vital antara Sibolga – Tarutung menuju Kota Medan.

Kepolisian Resor Tapanuli Tengah dipimpin AKBP Basa Emden Banjarnahor, SIK, MH bersama jajaran turut melakukan pengamanan dan evakuasi kejadian.

Kapolres melalui kasi Humas Polres Tapteng Kompol Horas Gurning menyampaikan, beberapa lokasi yang mengalami bencana alam diwilayah Tapanuli Tengah meliputi

Tanah longsor dan pohon tumbang di jalan lintas Sibolga – Tarutung ; antara jalur Poriaha – Rampah terdapat 4 titik tanah longsor :
1.Desa Poriaha Julu terdapat 2 titik tanah longsor Kecamatan Tapian Nauli
2. Desa Sibunga- bunga terdapat 2 titik tanah longsor kecamatan Sitahuis

Baca juga  Diteriaki warga, Adegan Rekonstruksi Dugaan Pembunuhan Istri Oknum TNI Riuh

Tanah longsor dan pohon tumbang di jalan lintas Sibolga – Tarutung ; antara jalur Sibolga – Batu Lubang – Sitahuis  ;
1. Titik 1 (satu) longsor dan pohon tumbang di dusun 3 desa mardame kec. sitahuis
2. Titik 1 (satu) longsor dan pohon tumbang di desa simaninggir kec. sitahuis
3. Titik 6 (satu) longsor dan pohon tumbang di desa bonandolok kec. sitahuis

Dampak banjir dan genangan air di kecamatan sarudik, antara lain ;
1. Kampung jawa lingkungan 8 kec. sarudik
2. Gang prona lingkungan 2 kec. sarudik
3. Jalan TPI kel. pondok batu kec. sarudik

Selain itu, ditemukan beberapa mobil truk maupun minibus terperosok akibat jalan licin di daerah Sitahuis dan Rampah

Personil Polres Tapanuli Tengah diterjunkan langsung ke lokasi kejadian bekerjasama dengan BPBD, BASARNAS dan Dinas PU serta warga setempat untuk melakukan evakuasi dan pengamanan jalur.

Baca juga  Terjadi di Tapteng, Seketika Api dari Langit Membakar Pucuk Pohon Kelapa

“Personil Polres Tapteng dilapangan melakukan pendataan, pengaturan arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan serta kerjasama dengan instansi terkait untuk evakuasi dan pengamanan jalur” Ucap Kapolres

“Tidak ada korban jiwa dari kejadian ini, arus lalu lintas dari sibolga menuju tarutung sempat macet total akibat longsor dan pohon tumbang didaerah sitahuis dan rampah, tetapi anggota Polres Tapteng sigap ke lokasi longsor dan pohon tumbang  untuk evakuasi, pam jalur dan koordinasi pembersihan material sehingga arus lalulintas dapat diatasi dan dilalui secara 1 satu jalur bergantian” ucap Kapolres

Saat ini arus lalu lintas sudah berjalan lancar, sisa material tanah longsor dan pohon tumbang yang menutup sebagian badan jalan sudah dan sedang dibersihkan dinas PU menggunakan alat berat. (R)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan