Tangkap Buaya Muara, Babinsa 05/Kolang Bersama Warga Panggil Pawang

  • Whatsapp

TAPTENG, BERITATAPANULI.COM– Buaya Muara sering terlihat warga di lokasi rawa-rawa perkebunan masyarakat Desa Makarti Nauli, Kecamatan Kolang, Kabupaten Tapanuli Tengah. Hal itu membuat warga sekitar menjadi resah.

Menurut pengakuan sejumlah warga, mereka sering dikejutkan oleh kemunculan Buaya Muara tersebut. Buaya itu selalu tampak berkeliaran di rawa-rawa dekat dengan perkebunan warga.

Dengan adanya kabar tersebut, membuat warga sekitar menjadi ketakutan. Baik ketika akan pergi-pulang dari kebun, maupun melakukan aktivitas lainnya di sekitar rawa-rawa. Namun, sebagian warga mengangap kabar itu merupakan kabar bohong atau hoax.

Mendengar kabar tersebut, Babinsa Koramil 05/Kolang, Sertu Agus Triono segera bergegas. Ia bersama Kepala Desa Makarti, M Manalu serta masyarakat sekitar mencari kebenaran berita tersebut.

Baca juga  Seorang Walikota Terdiskriminasi Saat Menyamar Sebagai Orang Lumpuh

“Guna meyakinkan kebenaran kabar tersebut, Babinsa langsung terjun ke lokasi. Hal itu dilakukan agar misteri kemunculam buaya diketahui secara jelas. Yakni, pasti atau sekedar berita bohong, ” kata Dandim 0211/TT, Letkol Inf Jimmy Rihi Tugu melalui Danramil 05/Kolang, Kapten Inf Legiman, Sabtu (9/3/2019).

Selanjutnya, dari keterangan warga yang pernah melihat Buaya Muara tersebut, maka dilakukan pengintaian. Sabtu pagi bersama Kepala Desa Makarti Nauli, Pawang Buaya pun dipanggil.

“Pawang Buaya bernama Pak Korea Hutabarat didatangkan dari Desa tetangga. Dengan keahliannya, ia akan memancing buaya muara tersebut,” beber orang nomor satu di Koramil 05/Kolang itu.

Pawang menggunakan 10 ekor bebek dan 10 ekor ayam guna memancing buaya tersebut datang. Benar saja, tidak lama kemudian muncullah buaya muara. Babinsa beserta warga yang sudah bersiap, segera menangkap buaya yang telah meresahkan itu.

Baca juga  Beri Dukungan Moril Kepada Anggota DPRD, Ormas PP Datangi Polres Sibolga

“Sampai saat ini, warga masih membuat jerat. Sebab disinyalir, masih ada buaya muara lain yang belum tertangkap,” sebut Danramil.

Penangkapan buaya itupun sampai kabarnya kepada Camat Kolang, Saut Bona Situmeang. Ia memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Babinsa Sertu Agus Triono dan Kades Makarti Nauli.

“Gagasan dan kerjasama yang cukup baik. Sehingga buaya muara bisa segera ditangkap. Terimakasih juga buat warga yang turut membantu penangkapan Buaya MuarA itu, ” tandasnya.

Untuk sementara, Buaya Muara yang tertangkap masih diamankan warga Makarti Nauli. Menantikan pihak BKSDA Sumut wilayah Kabupaten Tapteng melakukan penjemputan. (SAM/BT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan