Sulap Destinasi Danau Toba, Bupati Taput Kolaborasi 2 Konsep ‘Lake Toba Flower Garden’

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com, Taput – Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M. Si., didampingi Asisten Pembangunan dan Perekonomian Osmar Silalahi dan beberapa pimpinan Perangkat Daerah mengikuti Rapat Pembahasan Pengembangan Pariwisata bersama Kemenko Kemaritiman dan Investasi RI yang dipimpin Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Ridwan Djamaluddin, bertempat di Ruang kerja Bupati, Tarutung, Senin (18/05/2020).

Rapat melalui video conference ini juga diikuti Badan Otoritas Pariwisata Danau Toba (BOPDT), serta beberapa Kepala Daerah termasuk Bupati Humbang Hasundutan dan para Pejabat beberapa Kementerian.

Adapun pembahasan kali ini, sebagai tindak lanjut MoU antara Pemerintah Indonesia dengan Tiongkok beberapa waktu lalu.

MoU tersebut terkait usulan Pemerintah Tiongkok untuk hibah pengembangan 3 lokasi di Indonesia, salah satunya adalah usulan pengembangan pariwisata ‘Lake Toba Flower Garden’ yang berlokasi di Kecamatan Muara Kabupaten Tapanuli dan juga Kabupaten Humbang Hasundutan.

Baca juga  Lanjutan Rekonstruksi Pembunuhan Raja Adat Samosir di Gelar, Polda Sumut Turun Tangan

“Kami mengucapkan terima kasih atas support Pemerintah dalam pembangunan pariwisata Danau Toba. Terkait pengembangan Taman Bunga, kami harapkan ada pembeda antara Taman Sipiccur dengan Taman Pulau Sibandang untuk menambah ‘longstay‘ para wisatawan. Walaupun sama-sama taman bunga, tapi perlu dibedakan jenis bunga dan termasuk fasilitas pendukung agar kedua lokasi ini mampu menarik kunjungan,” ucap Bupat.

Nikson juga memberikan beberapa masukan agar kerjasama pembangunan pariwisata ini dapat terealisasi, terutama terkait dalam pengalihan lahan dan termasuk usulan dalam memadukan 2 konsep.

“Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara bersama Tokoh Masyarakat dan perantau telah menyepakati suatu konsep pengembangan pariwisata di Pulau Sibandang agar menjadi salah satu icon. Kita berharap dukungan investor melalui Pemerintah Pusat dan BODT untuk memadukan kedua hal ini, Pulau Sibandang menjadi wisata taman bunga dan juga memiliki sarana-prasarana pendukung yang lengkap seperti hotel, mall, kereta gantung dan termasuk membuat suatu ikon yang mengacu pada sejarah,” Tambah Nikson.

Baca juga  Jamil Zeb Tumory : Saya Kaget, Padahal Apalah yang Saya Bantu

“Kami  sampaikan juga bahwa Pulau Sibandang seluas 250 hektar siap menerima untuk pengembangan pariwisata, rencana pengembangan ini perlu pertimbangan sesuai dengan kondisi lahan tersebut, termasuk memberdayakan masyarakat lokal,” pungkasnya.

Menanggapi paparan Bupati Taput tersebut, Deputi Ridwan Djamaluddin mengatakan menerima masukan dan akan mengupayakan dan memadukan kedua konsep tersebut. “Nanti akan kita lihat sesuai dengan study-study kelayakan yang akan dilaksanakan agar pengembangan pariwisata ini memberikan hasil yang maksimal,” ucap Ridwan. (fernando/Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan