Seteru Ahok, Bikin Aria Bima Angkat Bicara

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.comWakil Ketua Komisi VI Fraksi PDIP DPR RI, Aria Bima, mengatakan sudah sepatutnya Menteri BUMN Erick Thohir memanggil jajaran direksi maupun komisaris jika terjadi permasalahan internal di perusahaan BUMN.

Pemanggilan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero), Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok oleh Erick Thohir pasca-pernyataan kontroversial Ahok soal kebobrokan Pertamina dan usulan pembubaran Kementerian BUMN.

“Undang-undang kan mengatakan menteri sebagai pembina BUMN, sesuai undang-undang saja,” ujarnya di Jakarta, Jumat (18/9/2020).

Lanjutnya, ia menyambut positif langkah yang diambil Erick guna meminimalisir kegaduhan pasca-munculnya video Ahok yang membongkar kebobrokan Pertamina. Ia pun berharap pertemuan keduanya dapat membangun suasana kondusif di perusahaan minyak milik negara.

“Saya kira sesuatu yang positif dari pertemuan itu. Harapannya mendinginkan, suasana kondusif kan seharusnya ada, namanya juga korporasi. Dinamika kan memang harus didinginkan,” tandasnya.

Baca juga  Miliki Citarasa Tinggi, Nenas Sipahutar Bakal Dieksport ke Jepang

Diketahui, pertemuan Ahok dan Erick Thohir terjadi pada Kamis (17/9/2020). Dalam pertemuan tersebut, Erick ingin mendengar langsung penjelasan dari Ahok terkait pernyataannya Ahok soal ‘aib’ Pertamina.

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga menjelaskan, pertemuan yang diawali dengan pemanggilan Ahok oleh Erick Thohir itu dimaksudkan untuk mengklarifikasi polemik dalam beberapa hari terakhir. Pun, pertemuan juga untuk menerima masukan yang hendak disampaikan oleh Ahok.

“Jadi, pada pertemuan ini Pak Ahok menyampaikan apa yang dia lihat di Pertamina, apa saja kelemahan-kelemahan yang ada dan memberitahu semua ke Pak Menteri,” kata Arya, Jumat (18/9/2020).

Arya memastikan, Erick Thohir menerima masukan-masukan yang disampaikan Ahok. Sebaliknya, Erick pun diakui Arya tak segan berbagi pandangan terkait hal dan informasi soal kondisi Pertamina.

Baca juga  Terbaru Sikap Polda Metro Jaya Soal Fahri Gagal Masuk Polisi

“Dari sini bisa disatukan dan sebagai Komut Pak Ahok memang ditugaskan Kementerian BUMN untuk melakukan pengawasan terhadap Pertamina. Itu bagian dari tugas Pak Ahok,” lanjut Arya.

Dari pembicaraan itu, Erick akhirnya meminta kepada Ahok untuk membangun tim dan kerja sama yang kuat di internal Pertamina. Tujuannya agar Pertamina bisa melakukan tranformasi di dalam perusahaan, sesuai dengan arahan dari pihak Kementerian BUMN.

“Tugas Pak Ahok memang salah satunya melakukan tranformasi di Pertamina, dengan melibatkan tim yang ada di dalam agar semakin kuat,” kata Arya.

“Jadi kerja sama tim (di internal Pertamina) diperkuat, dan itulah yang dimintakan Pak Menteri kepada Pak Ahok,” ujarnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan