Sempat Viral Pindah Tuan, Sumber Air Panas Sipoholon Tidak Benar Tutup

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com, Taput – Kabar yang menjadi viral atas unggahan di medsos yang mengatakan bahwa sumber Air  Panas Sipoholon yang terletak di Kelurahan Situmeang Habinsaran, Kecamatan Sipoholon, Kabupaten Tapanuli Utara berpindah ke lokasi lain ternyata tidak benar.

Hal itu pun terjawab setelah tim awak media ini terjun ke lokasi dimaksud.

Penelusuran di lapangan siang ini, Senin (3/10) menunjukkan, sumber air panas Sipoholon masih tetap pada posisinya.

Meski, sebagian ada bergeser beberapa meter saja  dari lokasi semula. Dan dipastikan, lokasi sumber air panas berikut debit air masih stabil untuk menyuplai ke tempat usaha  pemandian air panas yang terletak di lokasi tersebut.

Baca juga  Nikmati Daun Haram, Pemuda Diamankan dari Bawah Tower di Taput

“Dikatakan tutup dan pindah ke lokasi jauh tidak benar, masih tetap disini. Dan itu terjadi akibat getaran gempa bumi kemarin, yang menggeser jalur air panas ke jalur yang lain dari jalur biasa sebelumnya dan hanya beberapa meter, “terang Sardion Situmeang, salah satu pemilik usaha pemandian air Panas Sipoholon.

Menurut Sardion, pindahnya pun tidak terlalu jauh, masih tetap di lokasi sumber air panas yang selama ini dimanfaatkan oleh 13 pemilik usaha pemandian air panas di Sipoholon.

Baca juga  Bupati Taput Terima Aset BMN dari Kementerian PUPR

Kendati demikian kata Sardion,  saat ini para pemilik usaha pemandian air Panas Sipoholon telah melakukan gotong royong untuk mengembalikan jalurnya ke posisi semula.

Sardion Situmeang juga mengatakan bahwa debit air panas Sipoholon masih seperti semula dan tercukupi untuk mensuplay terhadap 13 lokasi pemandian air panas  di Sipoholon, tepatnya di Kelurahan Situmeang, Habinsaran.

“Soal aktifitas usaha disini tetap berjalan seperti biasa pasca gempa bumi kemarin. Dan lokasi ini masih sangat aman di kunjungi, terutama para pengunjung yang sengaja untuk mandi di Air Panas Sipoholon,” tukasnya. (F/BT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan