Selain Mengenakan Masker, Trik Sehat Antisipasi Dampak Asap

22
Ket. Gbr : Petugas Pemko Sibolga saat membagi-bagi masker di jalan raya

BeritaTapanuli.com, Sibolga – Kabut asap mulai berdampak di kota Sibolga Provinsi Sumatera Utara. Selain membuat mata perih, akibat kabut asap kiriman itu ternyata telah mengganggu penerbangan menuju Sibolga.

Seperti disampaikan oleh Kepala Bandara Dr. FL. Tobing, Farel Lumbantobing, pada Minggu kemarin.

“Kondisi Bandara Dr. FL. Tobing kini diselimuti asap, akibatnya, visibility (jarak pandang) bandara dibawah 2 km. Pesawat Garuda menuju Sibolga-Tapanuli Tengah dari Jakarta divert di Bandara Internasional Minangkabau, Padang. Pesawat Citilink tadi dari Bandara Kuala landing di Bandara Dr. FL. Tobing pada pukul 10.20 WIB dan take off pada pukul 11.00 WIB ke Kualanamu. Pesawat Wings Air dari Bandara Kualanamu yang seharusnya landing pada pukul 12.30 WIB cancel,” Ujarnya kepada sejumlah awak media.

Menanggapi hal itu, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Sibolga Drs. Firmansyah Hulu, Apt, M.Kes., juga menganjurkan masyarakat untuk mengurangi aktivitas diluar ruangan atau diluar rumah.

Namun demikian, ia juga menghimbau masyarakat untuk selalu menggunakan masker ketika berada di luar rumah.

Selain itu, ia juga menekankan masyarakat memperbanyak mengkonsumsi air putih dan buah-buahan.

Sebab menurutnya, meningkatnya kabut asap dapat berpengaruh pada kesehatan termasuk meningkatkan resiko infeksi saluran pernapasan, iritasi pada mata, meningkatnya resiko penyakit jantung, dan bahkan kematian dini bagi penderita kardiopulmoner. (Red)

 

Loading...