Sekda Tapteng Ikuti Upacara Harkitnas Ke-113 Tahun 2021, Bangkit Kita Bangsa yang Tangguh

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com, Pandan – Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah (Sekdakab Tapteng) Yetty Sembiring, S.STP, MM bersama Forkopimda Tapteng mengikuti Upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-113 Tahun 2021 secara virtual di Ruang Rapat Cendrawasih Kantor Bupati Tapteng pada Kamis (20/05/2021).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menteri Kominfo) Johnny G. Plate sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam sambutannya menyampaikan bahwa 113 tahun lalu, Boedi Utomo meletakkan dasar-dasar kebangkitan nasional bagi bangsa Indonesia.

Tiga hal penting yang diretas Boedi Oetomo adalah pertama, cita-cita untuk memerdekakan cita-cita kemanusiaan; kedua, memajukan nusa dan bangsa; serta ketiga, mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

Baca juga  Breaking News : Sosok pria tak dikenal ditemukan warga gantung diri di Tapteng

“Tiga hal di atas merupakan substansi makna kebangkitan nasional yang harus dipertahankan dan diaktualisasikan lintas generasi. Senantiasa diterapkan dalam kerangka dinamis sesuai konteks zamannya,” kata Menteri Kominfo Johnny G. Plate.

Pada era prakemerdekaan, kebangkitan nasional mampu menjadi ruh gerakan perlawanan terhadap hegemoni penjajah. Pasca kemerdekaan kebangkitan nasional menjadi inspirasi pelaksanaan pembangunan bangsa.

Di era reformasi membawa Indonesia menuju pengelolaan negara yang lebih terbuka dan demokratis.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional saat ini sejatinya dapat dijadikan untuk menggalang kembali semangat kebangkitan sebagai bangsa yang tangguh.

“Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh. Tema ini mengingatkan bahwa semangat kebangkitan nasional mengajari kita untuk selalu optimistis menghadapi masa depan. Kita hadapi semua tantangan dan persoalan bersama-sama sebagai pewaris ketangguhan bangsa iin,” lanjut Menteri Kominfo.

Baca juga  Bupati Tapteng Buka Workshop, Digelar BPKP Perwakilan Sumut

Menteri Kominfo juga mengatakan kita harus tangguh dalam menghadapi pandemi Covid-19 sembari bersiaga menghadapi ancaman gelombang baru pandemi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, serta tangguh juga dalam menghadapi beragam tantangan selama masa pandemi dengan beredarnya banyak misinformasi, disinformasi, dan hoaks. Dan terakhir, tangguh dalam kebersamaan untuk memulihkan ekonomi nasional.

Turut hadir dalam kegiatan itu, mewakili Danrem 023/KS, mewakili Forkopimda Tapteng, dan para Asisten Setdakab Tapteng. (R)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan