PTAR Siapkan Program Mandiri Mensejahterakan Masyarakat Bila Sewaktu waktu Tambang Tutup

  • Whatsapp
Ket. Gbr : Manager Community Development PTAR, Rohani Simbolon

BeritaTapanuli.com, Sidimpuan – Kehadiran perusahaan besar pengelola tambang emas di wilayah Tapanuli yakni PT. AR (Agincourt Resources) termyata sangat berpengaruh besar pada kehidupan masyarakat.

Hal tersebut berdasarkan sejumlah program program yang dilakukan bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Seperti halnya meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat dimaksud, PT. Agincourt Resources (PTAR) membuat program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (PPM).

Manager Community Development PTAR, Rohani Simbolon mengatakan dalam kegiatan Silaturahmi dan Buka Puasa Bersama Jurnalis, Rabu (12/4/2023), bahwa program PPM bertujuan untuk kemandirian masyarakat pasca perusahaan setelah sewaktu waktu sudah tidak beroperasi,

Rohani juga menjelaskan, sesuai ketentuan pemerintah, program PPM fokus pada 5 pilar, yakni kesehatan, pendidikan, pengembangan usaha lokal, infrastruktur publik, dan hubungan masyarakat.

Baca juga  Kasus Covid di Sidimpuan Kini Mencapai 185 orang

Pihaknya juga mengatakan, tahun 2022, PTAR telah melakukan 72 kegiatan CSR dengan total penerima manfaat sebanyak 30.565 orang.

Jumlah penerima manfaat pada tahun 2022 meningkat 47% dibandingkan dengan jumlah penerima manfaat pada tahun 2021 yang sebanyak 20.826orang.

Jadi Salah satu target PPM PTAR adalah menemukan aktor lokal (local champion) dari sisi ekonomi yang nantinya bisa menjadi multiplier effect di masyarakat,” kata Rohani.

“Misalnya saja, kami sudah menemukan aktor lokal Bapak Iman Saleh dari Sipenggeng. Ia telah membuka penangkaran benih padi dan tahun ini telah menghimpun 30 ton gabah dari petani sekitar. Aktor lokal ini berhasil membuka akses pasar ke BUMN bidang pertanian. Contoh lainnya, di bidang ekonomi kreatif, ibu Santi dari Kelurahan Aek Pining telah menemukan dan mengembangkan batik Tapsel,” ungkapnya.

Baca juga  Aksi Demo di Padangsidimpuan Berakhir Ricuh, Dua Polisi Terluka

“Tentu semua program ini tidak akan berjalan baik dan membawa manfaat tanpa dukungan masyarakat, pemerintah, mitra program, dan pemangku kepentingan lainnya,” ucapnya.

Rohani juga menambahkan, PTAR adalah mitra pemerintah dalam membangun Tapanuli Selatan, namun tidak pada posisi menggantikan tugas pemerintah. Sebagai salah satu perusahaan yang beroperasi di Tapanuli Selatan, PTAR turut berkontribusi dalam pembangunan di daerah tersebut.

“Karena itu, apapun program yang dilakukan tentu harus dilaksanakan atas niat dan kerjasama yang baik dari semua pihak, termasuk di antaranya komitmen masyarakat untuk merawat infrastruktur yang sudah diserahterimakan agar dapat dimanfaatkan sebaik-nya oleh masyarakat,” pungkasnya. (Tp)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan