Gugur dalam Tugas, Pangkostrad Sampaikan Duka dan Selamat Jalan Pahlawanku kepada Serka Anumerta Robertus Simbolon

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com – Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak mendampingi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman menghadiri upacara persemayaman salah satu prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) Para Raider 305/Tengkorak, almarhum Serka Anumerta Robertus Simbolon, di Markas Komando Yonif PR 305/Tengkorak Kostrad, Karawang, Jawa Barat, Rabu, 12 April 2023.

Almarhum gugur dalam tugas akibat Kelompok Separatis Teroris (KST) OPM Papua.

Dalam kesempatan itu, Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak menyempatkan diri untuk memberikan penghormatan terakhir di depan peti jenazah Almarhum Serka Anm. Robertus Simbolon yang diselimuti bendera sang saka merah putih.

Pangkostrad Letjen TNI Maruli menyampaikan,  Alm. Serka Anumerta Robertus Simbolon telah berjuang dengan ikhlas dan gagah berani membela ibu pertiwi.

“Selamat jalan pahlawanku, pengorbananmu untuk kehormatan rakyat, bangsa dan negara Indonesia tidak akan pernah sia-sia,” kata Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak.

Jenderal darah batak itu mengatakan, kepergian almarhum telah menyisakan duka yang dalam tidak hanya bagi keluarga dan sahabat tapi juga bangsa dan negara. Almarhum Robertus Simbolon telah berkorban jiwa dan raga hanya demi tegaknya NKRI.

Baca juga  Kapolri ; Situasi Papua, Kini Kembali Normal

“Dengan kepergian almarhum, berarti kita semua telah kehilangan seorang putra terbaik bangsa, yang selalu memegang teguh setiap prinsip-prinsip perjuangan, rela berkorban jiwa dan raga dalam mewujudkan cita-cita luhur bangsa dan negara Indonesia,” ujarnya.

Sebelumnya, di hari yang sama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memimpin upacara militer pelepasan jenazah Serka Anm. Robertus Simbolon di hadapan para prajurit Kostrad TNI AD dan keluarga Almarhum Serka Anumerta Robertus Simbolon yang turut hadir di Mako Yonif PR 305/Tengkorak, Karawang.

KSAD Dudung menyampaikan belasungkawa dan keprihatinan yang mendalam atas gugurnya salah satu prajurit terbaik TNI Angkatan Darat dalam tugas operasi menjaga kedaulatan NKRI di Papua.

Pada kesempatan tersebut, Kasad mewakili negara, membacakan naskah penerimaan jenazah dari keluarga Almarhum yang disampaikan oleh Moraldus Simbolon sebagai kakak sepupu almarhum mewakili pihak keluarga.

“Saya atas nama pribadi dan sebagai Pimpinan TNI Angkatan Darat menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas gugurnya almarhum yang merupakan salah satu prajurit terbaik TNI Angkatan Darat,” kata Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Baca juga  Sebanyak 229 Perwira Tinggi Dan Menengah, Termasuk Dua Wakapolda Dimutasi

Kasad mengungkapkan bahwa TNI dan TNI Angkatan Darat telah kehilangan prajurit terbaiknya, TNI memberikan penghargaan serta penghormatan tertinggi bagi almarhum yang telah gugur demi tegaknya kedaulatan NKRI.

“Semoga almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa, serta keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran oleh Tuhan Yang Maha Kuasa,” ujar Kasad.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Serka Anumerta Robertus Simbolon adalah salah satu prajurit Yonif PR 305/Tengkorak yang telah menjalankan tugas pengamanan di wilayah Papua.

Serka Anumerta Robertus Simbolon tewas setelah baku tembak dengan gerombolan separatis teroris OPM Papua di Kampung Titigi, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya Papua Tengah, pada hari Minggu sore, 9 April lalu sekitar pukul 16.00 waktu setempat.

Jenazah almarhum sebelumnya dievakuasi ke Mimika untuk selanjutnya diterbangkan ke Jakarta dan disemayamkan di Markas Komando Yonif PR 305/Tengkorak Kostrad di Karawang Jawa Barat. Setelah upacara militer, almarhum Serka Robertus kemudian dibawa ke kampung halaman untuk dimakamkan. (Sumber/viva.co.id)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan