Pemerintah Dorong Pelaku IKM Segera Mandiri dan Berinovasi

  • Whatsapp
Ket. Gbr : Kabid IKM Disperindag, Koperasi dan UMKM Kota Padangsidimpuan, Parwati, saat di wawancarai

BERITATAPANULI. COM, Padangsidimpuan- Ratusan IKM (industri kecil menengah) yang ada di Kota Padangsidimpuan diminta untuk semakin mandiri dalam peningkatan produk usaha industri kecil menengahnya, terutama yang menjadi binaan Dinas Perdagangan, Industri, Koperasi dan UMKM Pemkot Padangsidimpuan.

Kabid IKM Disperindag, Koperasi dan UMKM Kota Padangsidimpuan, Parwati, saat di wawancarai di ruangan kerjanya, Senin (24/12/2018) lalu, mengatakan, sedikitnya ada 500 lebih pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di daerah itu, yang menjadi binaan Disperindag, Koperasi dan UMKM Kota Padangsidimpuan.

Baca juga  DinKesTapteng Bagikan Masker ke Pengguna Jalan

“Mereka bergerak baik industri makanan ringan, kerajinan tangan, bengkel serta lainya. Kita berharap mereka itu harus semakin mandiri dan berdaya saing tinggi,” katanya.

Ia juga mengatakan, keinginan untuk mandiri harus ditanamkan sekuat mungkin dan mereka harus bisa lepas dari bantuan pemerintah.

“Jangan berpuas diri dengan hasil yang ada, kembangkan terus dengan pengembangan inovasi terbaru sehingga produk industri lebih update di pasaran. Jujur, sejauh ini amatan kita masih kurang berinovasi, terutama hasil kerajinan kita di Padangsidimpuan dalam artian masih monoton. Untuk itu, kita berharap kepada pengerajin harus semakin inovatif dalam berkreasi, serta harus mandiri,” katanya.

Baca juga  DPP Partai Golkar Memutuskan 153 Kabupaten/Kota, Termasuk Mengusung Bobby Nasution

Ia menjelaskan, bantuan itu terus ada dalam meningkatkan yang mengarah sesuai permintaan pasar bagi produk unggulan sehingga dapat lebih terkenal di pasaran.

Pihaknya juga berharap program e-Smart IKM segera diwujudkan di Kota Padangsidimpuan, mengingat promosi dengan digital sangat penting, akan tetapi itu kita lakukan secara bertahap dengan melibatkan pelaku IKM dalam mensosialisasikan digital dalam mempromosikan produk kerajinan. (RL/BT )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan