Pembukaan MTQ dan FSQ di Tapteng Diwarnai Penampilan Marching Band

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com, Barus – Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-46 dan Festival Seni Qasidah (FSQ) ke-31 Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Tahun 2020 di Lapangan Merdeka Barus Kecamatan Barus, Selasa (25/02/2020) malam.

MTQ ke-46 dan FSQ ke-31 ini mengusung tema “Dengan MTQ Nasional kita wujudkan SDM yang unggul, profesional, dan Qu’ran untuk mewujudkan Indonesia maju”.

Acara pembukaan MTQ dan FSQ ini diawali dengan penampilan Marching Band MAN 1 Barus, tarian oleh Sanggar MAN 1 Barus, Drama Kolosal Banjir Bandang Aek Sirahar dari Masyarakat Barus.

Acara dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, penaikan Bendera Tilawatil Qur’an dan menyanyikan Mars MTQ, pembacaan Ayat Suci Al Qur’an oleh Qory Adnan Tumanggor, serta penyerahan Trophi bergilir oleh Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani kepada Ketua Umum Panitia untuk diperebutkan pada MTQ ke-46 Tapteng tahun 2020.

Baca juga  Jalan Barus-Pakkat Putus Total Usai Diterjang Banjir

Bupati dalam sambutannya, mengatakan, Dewan Hakim/Juri yang disumpah agar dapat berlaku adil.

“Siapa pun pemenang, itulah pemenang yang sebenarnya. ” ujarnya.

Ia juga beralasan, kenapa MTQ dan FSQ tahun 2020 ini dilaksanakan di Barus, tidak lepas dari sejarah Islam pertama masuk ke Negara Kesatuan Republik Indonesia ini dari Kecamatan Barus Negeri Bertuah itu.

“Kami ingin mengingatkan kita, bahwa ada sejarah bahwa Islam pertama di Negara Kesatuan Republik Indonesia berada di Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah,” ungkap Bupati.

Ia juga turut prihatin, dan mengingatkan peristiwa yang terjadi di daerah itu. Bencana banjir yang menelan 9 orang korban meninggal dunia.

Oleh karena itu, Tanggul tembok penahan banjir yang ada di Sungai Sirahar akan dimulai pekerjaannya di tahun 2021.

Baca juga  Katua Gadang DPP HIKKBAR Saksikan Penyembelihan Kurban di Depan Kantor

“Saya sudah sampaikan kepada Wakil DPRD Provinsi Sumatera Utara, Rahmanyah Sibarani, SH., untuk mengawal pembangunan itu. Kami pun berharap kepada Anggota DPR RI, Hj. Delmeria Sikumbang agar berjuang untuk pembangunan Aek Sirahar, karena berbiaya hampir Rp. 74 milyar,” papar Bupati Tapanuli Tengah.

Pada kesempata itu, Bakhtiar Ahmad Sibarani menyampaikan apresiasinya atas berbagai pertunjukan yang mengawali pembukaan MTQ ke-46 dan FSQ ke-31 Tapteng yang ditampilkan oleh Marching Band, Tarian, hingga Drama Kolosal Banjir Bandang Aek Sirahar dari Masyarakat Barus.

Acara Pembukaan MTQ ke-46 dan FSQ ke-31 Tapteng Tahun 2020 ini berlangsung dengan hikmat, meriah ,dan sukses. Ribuan masyarakat menghadiri dan menyambut dengan sangat antusias pelaksanaannya. (R/BT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan