Pembukaan Jalan Baru di Kelurahan Hurlang Picu Pro dan Kontra

13

BeritaTapanuli.com, Tapteng – Adanya pelaksanaan pembukaan jalan di kelurahan P.O Hurlang, Kecamatan Kolang, Kabupaten Tapanuli Tengah, menuai pro dan kontra di masyarakat.

Hal itu disampaikan warga Jonson Panggabean (36) warga kelurahan P.O Hurlang, Kecamatan Kolang kepada wartawan pada Senin (7/10) lalu.

Ia mengaku, dengan pembukaan jalan baru di kampung mereka, sangat bermanfaat untuk memberikan kemakmuran masyarakat kampung.

Iapun mengaku berterimakasih terhadap pemeritahan Kabupaten Tapanuli Tengah, sudah mau memberikan perhatian pembangunan.

Namun, berbeda dengan warga yang tidak ingin namanya di cantumkan di media ini. Ia menjelaskan pembukaan jalan melibatkan sebagian tanah masyarakat yang tidak mendapatkan hak ganti rugi.

Meski tidak menimbulkan pesoalan, namun, mereka menyesalkan program pembukaan jalan tersebut, seharusnya memikirkan adanya penggantian rugi atas tanah.

Meski mereka mengaku, belum lagi bagian yang sangat prioritas dibutuhkan warga, ditengah ekonomi yang sulit saat ini.

Terkait hal itu, Lurah P.O Hurlang, Mardiani Hutagalung saat di komfirmasi Selasa (08/10) juga tidak mengelak, akibat adanya program tersebut sejumlah warga meminta ganti rugi.

“Terjadinya Pro dan Kontra selama dalam pengkerjaan pembukaan jalan baru di akibatkan ada beberapa masyarakat yang tidak terima lahan mereka mengenai pembukaan akses jalan baru yang menuntut ganti rugi.” Ujarnya.

“Namun, semua sudah terselesaikan dan sudah bisah kita berikan arahan dan pengertian tentang tujuaan adanya pembukaan akses jalan tersebut. Sebab hal itu, sudah lama dalam perencaan anggaran kelurahan namu baru ini bisah terealisasi.” Lanjutnya.

Pantauan dilokasi, pembukaan jalan baru di lingkungan IV, kapung Sirongit, kelurahan P.O  Hurlang, dengan panjang 2500 meter, lebar 6 meter, total anggaran kelurahaan tahun 2019 Rp.370.138.000., tahap dalam pengkerjaan dan akan rampung di bulan Oktober 2019.

Adapun jalan yang menghubungkan dua kecamatan dan dua desa, yakni Desa Sirongit Kecamatan Sorkam dengan Desa Simarpinggan Kecamatan Kolang. (Red)

Loading...