Menteri Era Suharto, Cosmas Batubara Tutup Usia

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com, Jakarta – Mantan Menteri Perumahan Rakyat dan Menteri Tenaga Kerja di era Orde Baru Cosmas Batubara (81) meninggal dunia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Kencana Jakarta, Kamis (8/8/2019) pukul 03.27 WIB .

Kabar tersebut juga dibenarkan oleh, Hermawi F Taslim, Ketua Umum Forum Komunikasi Alumni Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (Forkoma PMKRI).

“Tadi dinihari saya mendapatkan kabar itu dari keluarga inti. Negeri ini sangat kehilangan tokoh seperti Cosmas Batubara,” jelas Taslim.

Dilansir dari Kompas.com, Taslim menyampaikan dalam beberapa bulan terakhir, kondisi kesehatan Cosmas Batubara tengah terganggu.

Baca juga  Surya Paloh Tiba di Bandara Pinangsori Fl Tobing

Ia membeberkan, sebelum ini sempat dirawat di Rumah Sakit Sint Carolus. Bahkan sempat drop dan melemah. Namun setelah itu agak membaik, kemudian diizinkan untuk kembali ke rumah.

Jenazah akan disemayamkan di kediaman Jalan Cidurian no 3, Cikini, Jakarta Pusat.

Cosmas Batubara merupakan salah satu anggota Partai Golkar yang terbilang aktif.

Dia pernah menjabat Menteri Muda Urusan Perumahan Rakyat, dan Menteri Negara Perumahan Rakyat dan Menteri Tenaga Kerja, masa pemerintahan Presiden Soeharto.

Cosmas juga merupakan pelopor gerakan mahasiswa angkatan 1966. Dan ia menikah dengan R.A. Cypriana Hadiwijono dan dikaruniai 2 putra dan 2 putri.

Baca juga  Wali Kota Padangsidimpuan Sholat Idul Adha Bersama Masyarakat

Terakhir, Cosmas Batubara menjabat sejumlah jabatan penting di perusahaan. Yakni Direktur Utama PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN), Komisaris Utama PT Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI), dan komisaris PT Intiland Development Tbk (DILD)

Selama hidupnya, pria kelahiran Purbasaribu, Sumatera Utara, 19 September 1938 itu, dikenal sebagai tokoh pergerakan mahasiswa angkatan 1966.

Pada masa Mahasiswa dia adalah Ketua Presidium Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) dan Ketua Presidium KAMI Pusat. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan