Mentan RI Kunjungi Kabupaten Humbahas, 327 Alsistan Disalurkan

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com, Humbahas – Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo berkunjung ke bumi Humbang Hasundutan, Sumatera Utara (Sumut), Jumat (11/9).

Kehadiran Menteri di wilayah tersebut adalah dalam membuka program pertanian super prioritas di kawasan food estate, di Blok II, Desa Riaria, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasudutan (Humbahas).

Sebagaimana di canangkan, Food estate Hortikultura di Humbahas direncanakan mencakup luasan hingga 30 ribu hektar, yang diproyeksikan tercapai hingga tahun 2023.

Sebagai langkah awal, tahun 2020 ini akan dimulai komoditas hortikultura yang meliputi kentang, bawang merah, dan bawang putih.

Baca juga  Polres Padangsidimpuan Tangkap Pengedar Narkoba

Kegiatan super prioritas itu akan dikembangkan pada percontohan klaster terpadu 1000 hektar di blok II, Desa Riaria, Kecamatan Pollung.

Mendukung program pertanian super prioritas food estate ini, Kementan menyalurkan Alsintan sebanyak 327 unit.

Alsintan tersebut, terdiri dari traktor roda empat 25 unit, traktor roda dua 100 unit, pompa air 100 unit, cultivator 100 unit dan escavator standart 2 unit.

Baca juga  Seputar Kasus Pembunuhan, Polisi: Dugaan Kami Korban Diperkosa Sebelum Tewas

Bantuan Alsintan tersebut direncaanakan akan disampaikan langsung oleh presiden Jokowi yang direncanakan hadir ke Humbahas pada, Oktober 2020 mendatang.

Syahrul Yasin Limpo disela pembukaan program pertanian super prioritas itu kepada wartawan mengatakan, bahwa food estate akan menjadi contoh dan terkoorporasi dengan petani dan termasuk sektor industri.

“Program food estate ini diharapkan dapat mendukung pertumbuhan pertanian dan ekonomi secara nasional khsusnya di Humbahas,” pungkasnya. (R)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan