KPU Sibolga Gelar Uji Publik dan Penataan Dapil serta Alokasi Kursi DPRD

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com, Sibolga – KPU Kota Sibolga menggelar Uji Publik rancangan penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi pemilihan anggota dewan perwakilan rakyat daerah kota sibolga dalam pemilihan umum tahun 2024.

Uji publik tersebut digelar bersama Wartawan, LSM dan pemangku kepentingan lainnya, pada Kamis 15 Desember 202.

Kegiatan dibuka oleh Ketua KPU, melalui Ketua Divisi Sosialisasi Masyarakat dan SDM Afwan Nasution didampingi Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan Asa Dame Simanjuntak dan Sekertaris KPU Tirta Adi Putra Pasaribu.

Afwan menyampaikan bahwa tahapan demi tahapan pelaksanaan pemilihan umum 2024 oleh KPU Sibolga sudah mulai dilaksanakan.

Di mana Pemilu serentak yang akan digelar di Indonesia jatuh pada 14 Februari 2024 mendatang dengan memilih Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi serta DPRD Kabupaten/Kota.

Baca juga  Langkah Antisipasi, Walikota : Ada 3 Titik Penjagaan Pintu Masuk Sibolga

Sementara pemilihan Gubernur bersama Bupati/walikota juga akan digelar di tahun yang sama secara serentak di Indonesia yakni tanggal 27 November 2024.

Demikian juga kata Afwan KPU Sibolga sejak tanggal 14 juni 2022 lalu sebagaimana tahapan 20 bulan sebelum dilaksanakannya pemilihan umum serentak telah dilaksanakan.

Salah satunya pendaftaran atau pemberkasan serta verifikasi partai politik. Adapun partai politik peserta pemilu di tahun 2024 telah ditetapkan sebanyak 17 partai politik ditambah 6 partai lokal di Provinsi Aceh.

Baca juga  Simpan Narkotika di Masker, Pria Ini Gol

Terkait hal itu, Div Sosialisasi masyarakat dan SDM juga mengaku pihaknya telah melaksanakan sosialisasi ke sekolah sekolah, tokoh agama, dan masyarakat.

Demikian juga, sejak 20 November 2022 lalu, KPU Sibolga telah melaksanakan tahapan perekrutan panitia kecamatan atau PPK.

Serta, mulai tanggal 8 Desember 2022 KPU Sibolga juga akan melakukan pembukaan perekrutan panitia kelurahan.

Dapil Sibolga

Sementara daerah pemilihan Sibolga sebagaimana data penduduk masih tetap sama seperti tahun sebelumnya 2 daerah pemilihan, yakni Dapil Sibolga 1 dan Dapil Sibolga 2.

Untuk Dapil Sibolga 1 alokasi sebanyak 8 kursi, di Sibolga 2 sebanyak 12 kursi dan jumlah keseluruhan genap 20 kursi.  (R/BT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan