Konferda GMNI Sumut dibuka Bupati Taput

  • Whatsapp
Ket. Gbr : Bupati Taput Nikson Nababan saat memukul gong

BeritaTapanuli.com, Taput – Konferensi Daerah (Konferda) GMNI Sumatera Utara resmi dibuka di Sopo Partungkoan, Tarutung, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Kamis (1/8/2019).

Dihadiri langsung Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan, pembukaan organisasi berideologi Marhaenisme ini berlangsung hikmat.

Nikson dalam arahannya menyebut tuntutan besar berada di pundak generasi muda, khususnya mahasiswa.

“Mahasiswa dituntut kaya gagasan dan kreatifitas. Mahasiswa adalah nadinya bangsa. Sejak penjajahan, pemuda sangat berkontribusi, pergantian (regenerasi) di pemerintahan, mahasiswa memiliki andil yang besar” kata Nikson.

Masih lanjutnya, tantangan terbesar bangsa hari ini menyasar pada sektor keberagaman. Sentimen kelompok yang kian menguat, kata Nikson menjadi ancaman tersendiri pada keutuhan bangsa.

“Indonesia kaya akan suku, bahasa dan budaya. Jika dibawa pada sentimen kelompok, maka Indonesia ini akan bubar. Celakanya jika ada mahasiswa yang harusnya mengawal bangsa dan menjadi jantung, tapi malah masuk dalam kelompok sentimen itu, maka Indonesia akan bubar,” ujarnya.

Baca juga  Hilang Kendali Mobil Box Terguling, Supir Selamat

Bupati juga mengungkapkan berbagai progres pembangunan kepariwisataan yang kini bergeliat di kawasan Danau Toba dan Tapanuli. Salah satunya pembangunan jalur tol dari Danau Toba menuju Tapanuli Tengah yang menurutnya patut diapresiasi.

Oleh sebab itu, mahasiswa dituntut berperan di tengah geliat kepariwisataan tersebut. Termasuk bagi GMNI Sumatera Utara yang kini sedang melaksanakan Konferda.

“Berbagai gagasan ini agar bisa masuk dalam ruang-ruang diskusi di Konferda ini agar Konferda ini juga bisa mendukung berbagai program tersebut di Tapanuli Raya dan Nias,” katanya.

Sebelumnya ketua Panitia Konferda, Paulus Peringatan Gulo mengatakan, kegiatan konferda kali ini akan dihelat selama 3 hari ke depan.

Momen ini menurutnya menjadi kesempatan memaknai berbagai hal menyangkut pergerakan di Sumut.

Baca juga  Bupati Tapteng : Waspada Virus Corona Sekolah Diliburkan 14 Hari

“Kaum muda dari seluruh penjuru berkumpul dan berserikat (di Konferda), mencoba mendefinisikan ulang situasi kekinian di Sumatera Utara,” kata dia.

Disebutkan, Konferda Sumut dihadiri sebanyak 14 Cabang GMNI di berbagai kabupaten dan kota. Regenerasi kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Sumatera Utara, menjadi agenda terpenting dalam Konferda.

“Selain itu Konferda akan menjadi ajang konsolidasi yang penting, bagaimana GMNI bersumbangsih dalam gerak kebangsaan, khususnya di Sumatera Utara,” imbuhnya.

Seremoni pembukaan dilakukan dengan pemukulan gong oleh Bupati Nikson. Terlihat hadir sejumlah Organisasi Kepemudaan (OKP). Pengurus Persatuan Alumni (PA) GMNI Tapanuli Utara yang digawangi Marito Pohan Simanjuntak juga terlihat hadir.

Sementara, dua pengurus DPP GMNI juga hadir, yakni Junianto Barus, Ricardo Loi, Selanjutnya pengurus DPD GMNI Sumut demisioner, yakni Faith Manalu, Faisal Hadi Pinem, M Ridwan Nasution, Paulus Gulo.(Ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan