Komantab Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Tapteng

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com, Tapteng – Komunitas Menjaga Pantai Barat (Komantab) menyalurkan bantuan kepada korban banjir di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sabtu (1/1/2020).

Sekretaris Komantab, Prima Pohan mengatakan, bantuan yang disalurkan merupakan donasi yang digalang bersama sejumlah komunitas lainnya, di antaranya KIBA, IPM, HW, IEA dan komunitas lain yang merupakan member dari Komantab.

“Aksi penggalangan dilakukan dengan turun ke jalan serta donasi perorangan, aksi di jalan digelar selama dua hari sejak Kamis dan Jumat kemarin,” kata Prima.

Dia menyebut, donasi yang berhasil digalang senilai Rp9 juta lebih. Dana itu kemudian dikonversi dalam bentuk bahan-bahan makanan.

Baca juga  Rumah Dilempar OTK di Tapteng, Ditemukan Tulisan Tudingan 'Santet'

“Ada beras, telur, mi instan, air mineral, minyak makan dan masker,” bebernya.

Sementara Korlap aksi Mindo Samosir menuturkan, bantuan disalurkan di 3 desa di Kecamatan Barus. Yakni di Desa Ujung Batu, Desa Kinali dan Bunga Tanjung.

“Yang kita bantu sangatlah sedikit, dan tentu tak bisa menyentuh semuanya, desa-desa yang kita salurkan bantuan merupakan hasil observasi dimana bantuan masih sangat dibutuhkan,” kata Mindo.

Bencana banjir di Kabupaten Tapanuli Tengah terjadi Rabu (28/1/2020) malam setelah daerah itu diguyur hujan deras sejak sore, mengakibatkan sejumlah sungai di beberapa kecamatan meluap hingga mencapai ketinggian air 1 meter hingga 2,5 meter.

Baca juga  Gibran Jadi Wali Kota di Ujung Tanduk? Ini Alasannya

Cuaca ekstrim itu juga memicu terjadi longsor di sejumlah desa, terparah terjadi di Desa Sijungkang, Kecamatan Andam Dewi.

Ribuan orang mengungsi akibat bencana ini. Kerugian harta benda ditaksir mencapai milyaran juta rupiah. Puluhan luka-luka ringan. Sementara 9 jiwa meninggal dan telah di evakuasi tim SAR gabungan. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan