Kadis Kesehatan Tapteng Sosialisasikan Dampak Pemberian ASI

  • Whatsapp
Ket. Gbr : Kadiskes Kab. Tapteng memberikan pemaparan

BeritaTapanuli.com, Pandan – Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Tapanuli Tengah (Kab. Tapteng) Nursyam, S.K.M, M.Kes membuka secara resmi Sosialisasi dalam rangka memperingati Pekan Air Susu Ibu (ASI) Sedunia Tahun 2019 di RSUD Pandan, Rabu (07/08/2019).

Kadis Kesehatan Kab. Tapteng dalam sambutannya mengatakan Pekan ASI Sedunia atau World Breastfeeding Week diperingati setiap tahun mulai 1 hingga 7 Agustus.

Dan merupakan cara WHO dan UNICEF mendukung Ibu Menyusui di seluruh dunia.

“Misi dalam memperingati Pekan ASI sedunia adalah memperjuangkan pemenuhan hak anak atau bayi akan kebutuhan air susu ibu hingga berusia 24 bulan atau lebih. Pekan ASI Sedunia tahun 2019 mengangkat tema Global, Empower Parents Enable Breasfeeding, sedangkan tema Nasional di Indonesia adalah Ayah dan Ibu Kunci Keberhasilan Menyusui. Slogannya yaitu Ayo dukung ibu sukses menyusui,” kata Nursyam.

Nursyam juga menjelaskan bahwa menyusui adalah salah satu investasi terbaik untuk kelangsungan hidup dan meningkatkan kesehatan anak.

Selain itu, praktik menyusui secara optimal sesuai rekomendasi dapat mencegah lebih dari 823.000 kematian anak dan 20.000 kematian ibu setiap tahun.

Aksi bersama diperlukan untuk mencapai sasaran World Health Assembly (WHA), yaitu minimal 50% pemberian ASI Eksklusif selama 6 bulan tahun 2025.

Keberhasilan menyusui merupakan upaya bersama yang membutuhkan informasi yang benar dan dukungan kuat untuk menciptakan lingkungan yang memungkinkan ibu dapat menyusui secara optimal.

Meskipun menyusui adalah keputusan ibu namun menyusui akan lebih baik dengan dukungan kuat dari para ayah, keluarga, teman, tempat kerja, dan masyarakat.

Baca juga  Hidup Sehat, Ibu Lansia Gotong Royong Bersama Mahasiswa

Pekan ASI Sedunia tahun 2019 difokuskan pada kebijakan dan peraturan tentang perlindungan sosial orangtua, tempat kerja ramah orangtua, dan norma sosial kesetaraan gender.

Dalam rangka Pekan ASI Sedunia tahun 2019 ini, seluruh pihak turut berperan serta dalam upaya memperdayakan keluarga, terutama ayah dan ibu agar ibu dapat menyusui sesuai rekomendasi pemberian makan bayi dan anak.

Dalam menyusui, status gizi ibu menyusui perlu mendapat perhatian khusus. Jika ibu menyusui, kondisi gizinya kurus maka ini akan mempengaruhi kecukupan ASI yang dibutuhkan oleh bayi, akibatnya makin lama ibu menyusui tersebut akan mengalami gizi yang semakin buruk.

Untuk itu, perlu adanya dukungan kepada ibu menyusui untuk memberikan ASI sampai usia 2 tahun karena dengan mendukung setiap ibu berhasil menyusi akan berkontribusi pada pencegahan stunting, sehingga dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia dimasa mendatang,” jelas Nursyam.

Nursyam juga menjelaskan selaras dalam mendukung visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Tapteng yang tertuang dalam RPJMD Kab. Tapteng tahun 2017-2022, serta peringatan hari Pekan ASI Sedunia Tahun 2019 maka Dinas Kesehatan Kab. Tapteng melakukan rangkaian kegiatan, meliputi Sosialisasi, Pemberian Sertifikat Lulus ASI Eksklusif bagi Pejuang-Pejuang ASI di Kab. Tapteng, dan Pemilihan Duta ASI Kab. Tapteng Tahun 2019.

Baca juga  Kapolres Tapteng Berganti, Siapa Penggantinya?

“Diharapkan dengan melaksanakan berbagai kegiatan Pekan ASI Sedunia Tahun 2019 ini, kita dapat mengkampanyekan tentang pentingnya menyusui dan melakukan aksi bersama untuk mencapai Sustainable Developmen Goals (SDGs) pada tahun 2030,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kabid Kesmas Winda Darpiannur, menyampaikan dibutuhkan perlindungan sosial orang tua yang adil terkait dengan menyusui.

“Tujuan dilaksanakannya Pekan ASI ini adalah untuk meningkatkan kesadaran semua pihak tentang pentingnya ASI bagi bayi sebagai salah satu upaya untuk mencegah terjadinya kekurangan gizi terutama dimasa dua tahun pertama kehidupan,” pungkasnya.

Kegiatan memperingati Pekan ASI Sedunia ini dilakukan sejak tanggal 1 hingga 7 Agustus 2019 secara serentak di Puskesmas wilayah kerja Dinas Kesehatan Kab. Tapteng dan Kegiatan Penyuluhan Kepada Ibu-Ibu Menyusui tentang makanan gizi seimbang, serta Penyuluhan Tentang Pemberi Makan Bayi Dan Anak (PMBA). Selanjutnya, acara puncaknya dilakukan pada Rabu 7 Agustus 2019 di Aula RSUD Pandan.

Diakhir acara, Kadis Kesehatan Kab. Tapteng, Kabid Kesmas, dan Dokter Spesialis Anak dari RSUD Pandan (dr. Fadly Syahputra, M Ked, Sp.A) menyerahkan Sertifikat ASI Ekslusif kepada Bayi usia lebih dari 6 bulan dan Pemilihan Duta ASI Kab. Tapteng Tahun 2019.

Peserta Kegiatan Ibu Menyusui yaitu bayi 20 orang, Pendamping Ibu Menyusui 20 orang. Acara ini juga dihadiri oleh Tim Penggerak (TP) PKK Kab. Tapteng, Kadis Kesehatan Kab. Tapteng dan jajarannya, RSUD Pandan, Akper Pemkab Tapteng. (BT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan