Bupati Tapanuli Utara, Silaturahmi Dengan Masyarakat Tapanuli dan Tionghoa di Banda Aceh

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com, Taput – Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si melakukan ramah tamah dengan masyarakat Tapanuli  dan Tionghoa yang berada di Banda Aceh.

Kegiatan bertempat di Aula Plum Hotel Lading, Kota Banda Aceh, Senin, (13/6/2021).

Dalam kesempatan tersebut Bupati Nikson Nababan menyampaikan bahwa di Tapanuli Utara mayoritas beragama Kristen, tetapi toleransinya sangat tinggi.

Bupati pun menyebutkan baru – baru ini telah mewujudkan toleransi itu lewat pembangunan dua mesjid di Kecamatan Simangumban.

Di mana desa tersebut merupakan desa yang mayoritas warganya beragama Muslim.

Bagi Bupati Nikson Nababan, nasionalisme itu sangat penting untuk dijaga dan diterapkan khususnya di Tapanuli Utara.

“Saya baru memberikan bantuan dana hibah untuk pembangunan 87 rumah ibadah, 7 diantaranya adalah masjid.  Kita harus tetap mempertahankan toleransi dan mengesampingkan perbedaan, serta berfokus pada Bhinneka Tunggal Ika di Kabupaten Tapanuli Utara,” Sebutnya.

Apalagi lanjut Bupati yang sudah melaju dua periode itu, Tapanuli Utara merupakan miniatur Pancasila, dimana semua suku, agama dan masyarakat ada di Kabupaten Tapanuli Utara.

Ia berharap agar warga Banda Aceh yang berasal dari Tapanuli memaksimalkan toleransi antar umat beragama di kota Banda Aceh.

Baca juga  Diduga Rem Blong, Satu Unit Mobil Truk Terbalik di Jalinsum Sipaholon

Sebab toleransi antar umat beragama merupakan pondasi dalam kehidupan, juga merupakan aspek utama dalam kehidupan bersosial di masyarakat.

“Toleransi antar umat beragama, sangat penting, terlebih di Banda Aceh ini banyak masyarakat dari berbagai daerah, suku dan agama. Dengan memegang teguh toleransi, kita tidak gampang di pecah belah,” ujar Bupati.

Selanjutnya Bupati Nikson Nababan berpesan kepada warga Batak dan Tionghoa Banda Aceh agar bersama-sama menjaga hubungan baik, saling bekerjasama perkuat silaturahmi dan memelihara persatuan dan kesatuan.

“Terima Kasih kepada saudara semua yang telah menyambut kedatangan kami dari Tapanuli Utara, saya berpesan kepada saudara semua, di mana kaki berpijak di situ langit dijunjung, mari saling bekerjasama menjaga dan berperan aktif dalam membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Bupati Nikson mengakhiri.

Di kesempatan tersebut perwakilan Tokoh Masyarakat Aceh Bapak Mushlahuddin Daud menyampaikan rasa terima kasih atas dan selamat datang buat Bapak Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan beserta rombongan atas kehadirannya di Banda Aceh.

Baca juga  Bahas Pengembangan Kawasan Danau Toba, Bupati Taput Bahas Perihal Kepemilikan Tanah 

“Kiranya kita saling terbuka untuk saling bersinergi dalam menjaga silaturahmi. Mudah-mudahan pertemuan hari ini menjadi titik awal agar hubungan baik dan harmonis  kehidupan beragama, berbudaya dan berbangsa di Banda Aceh ini bisa kita ciptakan,”ungkapnya.

Hal senada ditambahkan Perwakilan masyarakat Tapanuli di Banda Aceh Pdt. Niko, mengaku sangat senang atas  kedatangan Bupati Taput.

“Meskipun minoritas, kami warga Tapanuli betah tinggal di Banda Aceh karena kenyamanannya. Walau kenyamanan yang kami rasakan belum merata di semua tempat, masih merasakan minoritas namun kami pelan-pelan berusaha menghilangkan persepsi itu. Orang Batak cukup banyak di Banda Aceh baik muslim dan non muslim, kami juga membentuk perkumpulan atau arisan yang menjadi wadah kami bersilaturahmi, setiap bulan kami adakan kegiatan rutin yang bersifat sosial seperti mengunjungi orang sakit dan menolong sesama. Kami berharap rasa kekeluargaan antar umat beragama di Banda Aceh semakin meningkat, tidak ada lagi perasaan minoritas. Kami siap menjaga toleransi tidak hanya dengan sesama etnis tetapi dengan penduduk asli Aceh. Kita semua berbeda tetapi harus bersatu,” tuturnya. (F/BT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan