Bappeda Tapteng Gelar Forum Konsultasi Publik Penyempurnaan Ranwal RKPD Tahun 2022

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com, Pandan – Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Konsultasi Publik dalam rangka Penyusunan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Tahun 2022 di Ruang Rapat Bappeda Tapteng, Selasa (09/03/2021).

Forum Konsultasi Publik ini dibuka oleh Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani, yang diwakili Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Mus Mulyadi Malau, S.Sos, MAP didampingi Kepala Bappeda Tapteng Anton Sujarwo BS, S.STP, MM, Ketua DPRD Tapteng diwakili Anggota DPRD Tapteng Ir. Safaruddin Simatupang, dan Kepala BPKPAD Tapteng Basyri Nasution, SP.

Dasar Pelaksanaan Kegiatan Konsultasi Publik ini mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 86 Tahun 2017, Pasal 80 yang menyatakan Rancangan Awal RKPD dibahas bersama dengan Kepala Perangkat Daerah dan Pemangku Kepentingan dalam Forum Konsultasi Publik untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan.

Dalam sambutan Ketua DPRD Tapteng yang dibacakan Ir. Safaruddin Simatupang menyampaikan bahwa Forum Konsultasi Publik merupakan salah satu forum untuk menjaring aspirasi masyarakat dan kebutuhan masyarakat sesuai permasalahan yang dihadapi dalam rangka menyempurnakan Rancangan Awal RKPD Tahun 2022 agar selanjutnya menjadi Rancangan RKPD yang akan dibahas dalam forum yang lebih besar, yakni Musrenbang RKPD. Oleh karenanya, DPRD Tapteng sangat mendukung diadakannya kegiatan tersebut serta mengajak peserta untuk memanfaatkan forum konsultasi dengan memberikan saran dan pendapat demi penyempurnaan Rancangan Awal RKPD.

Baca juga  Akbar Tanjung Ajak Warga Sibolga-Tapteng Pilih Partai Golkar

Selanjutnya, Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani dalam sambutannya yang dibacakan oleh Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Mus Musyadi Malau, S.Sos, MAP menyampaikan penyelenggaraan Forum Konsultasi Publik ini merupakan forum yang sangat strategis untuk melibatkan masyarakat dalam proses perencanaan pembangunaan bersama-sama dengan seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) guna memperoleh saran dan masukan dalam rangka penyusunan dan penyempurnaan Rancangan Awal RKPD.

Bupati juga berpesan agar dalam penyusunan RKPD agar memperhatikan potensi dan permasalahan daerah serta solusi terhadap permasalahan yang ada.

“Pimpinan OPD benar-benar memperhatikan prioritas pembangunan daerah, sasaran dan indikatornya yang terdapat dalam Rencana Kerja masing-masing OPD dengan menetapkan program prioritas dan indikator kinerja yang terukur dan terkait langsung untuk mengatasi permasalahan daerah,” pesan Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahamd Sibarani.

Baca juga  Hilang Kendali, Seorang Remaja Seruduk Betor, Dilarikan ke Medan

Pada sesi Pemaparan, Paparan Kinerja Makro Ekonomi dan Sosial Tapteng Tahun 2016–2020 disampaikan oleh Kepala BPS Tapteng Drs. Anggiat Tulus Sibagariang, Paparan Kebijakan Keuangan Daerah pada Rancangan Awal RKPD Tapteng Tahun 2022 disampaikan Kepala BPKPAD Tapteng Basyri Nasution, SP.

Selanjutnya, Kepala Bappeda Tapteng Anton Sujarwo BS, S.STP, MM memaparkan Rancangan Awal (Ranwal) RKPD Tapteng Tahun 2022 yang menjelaskan Gambaran Umum Daerah, Sasaran dan Prioritas Pembangunan Daerah, Rencana Kerja, dan Pendanaan Daerah Tahun 2022.

Kemudian Kepala Bappeda Kab. Tapteng Anton Sujarwo BS, S.STP, MM menyatakan agar hasil konsultasi selain untuk menyempurnakan Ranwal RKPD, juga agar hasil konsultasi publik ditindaklanjuti OPD dalam Renja OPD untuk mendukung pencapaian target-target prioritas pembangunan sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Tapanuli Tengah dalam RPJMD Kabupaten Tapanuli Tengah.

Forum Konsultasi Publik ini turut juga dihadiri Pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah, Pimpinan Perguruan Tinggi, Organisasi Keagamaan dan Organisasi Kemasyarakatan. (R)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan