40 Sampel Swab Diuji di Laboratorium PCR USU Hasilnya Negatif

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com, Medan– Kabar baik dari Sumut. Hasil pemeriksaan 40 sampel swab yang diuji di laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk Covid-19, Jumat (17/4/2020) di RS Universitas Sumatera Utara (USU) hasilnya negatif.

Hal itu dikatakan Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 di provinsi Sumatera Utara (Sumut), Aris Yudhariansyah, Senin (20/4/2020).

Dia menyampaikan 40 sampel pertama yang diuji tersebut merupakan sampel yang dikirimkan dari sejumlah rumah sakit di Sumut.

“40 sampel itu negatif, tapi saat ini laboratorium PCR USU sudah menerima 80 sampel lagi untuk diperiksa. Dan kita tunggu lagi hasilnya. Nanti datanya kita kirimkan ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes),” jelasnya.

Baca juga  Kisah Pengembala Sapi Yang Menjadi Anggota Polri

Selain 80 sampel lagi di uji di RS USU, ada lebih 100 sampel lagi yang sedang diperiksa di Balitbangkes Jakarta.

Sementara itu, data terbaru Covid-19 di Sumut per tanggal 20 April 2020 hingga pukul 17.00 Wib yakni pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 148 orang, positif dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) sebanyak 83 orang, positif dengan metode Rapid Test sebanyak 23 orang, sembuh 13 orang dan meninggal 10 orang.

Aris juga mengatakan terpapar Covid-19 bukanlah aib atau kutukan dari Tuhan. Untuk itu, stigmatisasi yang mendorong tindakan diskriminasi terhadap penderita Covid-19 harus dihentikan.

Baca juga  Terkesan Kilat, RSUD Tapsel Gelar Ujian Tertutup THL 2020

Hal ini dikhawatirkan dapat menjatuhkan mental para penderita. Begitu pula dengan yang sudah sembuh, tidak perlu dijauhi.

“Tidak perlu takut, tetapi tentu tetap dengan melaksanakan protokol kesehatan dan disiplin sesuai arahan. Masker tetap harus digunakan dan menjaga jarak. Berikan dukungan jika ada orang yang anda kenal menderita Covid-19. Jangan membuat mereka merasa dikucilkan,” ujarnya dalam konferensi pers secara live, Senin (20/4), di Media Center GTPP Covid-19 Sumut, Kantor Gubernur Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan. (Sumber : Okemedan.com)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan