Tepati Janji, Jokowi datang ke Sibolga Resmikan Pelabuhan

  • Whatsapp

BERITATAPANULI.COM, SIBOLGA – Presiden Joko Widodo menepati janjinya untuk datang ke Sibolga, Sumatera Utara meresmikan pelabuhan Sibolga.

Kehadiran Jokowi disambut antusias masyarakat, sejak tiba di Bandara FL Tobing Pinangsori, sampai ke lokasi peresmian pelabuan, pada Minggu (17/3/2019).

Menurut Jokowi dalam sambutannya, proyek pelabuhan Sibolga telah rampung dibangun akhir 2018 yang lalu, bersamaan proyek perpanjangan dermaga kapal ferry, pengerukan laut dan sejumlah fasilitas pendukung lainnya.

“Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim, saya resmikan penataan dan pengembangan Pelabuhan Sibolga pada hari ini, terima kasih wasallamuallaikum warrahmatullah wabarokatuh,” ucap Jokowi saat meresmikan Pelabuhan Sibolga.

Pada peresmian pelabuhan tersebut, Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Rini Soemarno, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Walikota Sibolga, dan Tokoh Sibolga Akbar Tanjung, serta jajaran PT Pelindo.

Baca juga  Seorang Nelayan Pakai Narkoba Diamankan Polisi Dari Kapal

Jokowi menyambut baik adanya penataan dan pengembangan Pelabuhan Sibolga. Sebab, dari pengembangan fasilitas bisa mengakomodir peningkatan jalur logistik barang dan jasa.

“Kapasitas kontainer yard nya sekarang mencapai 20 ribu Teus per tahun meningkat sangat drastis sekali,” kata Jokowi.

Ukuran kapalnya, lanjut Jokowi, dulu hanya sampai 2 ribu GT, tapi sekarang sudah bisa sampai ke 6 ribu GT, yang berarti kapal besar sudah bisa bersandar di sini.

“Terminal penumpang, dulu hanya 80 orang sekarang bisa menampung 500 orang, alhamdulillah,” ujar Jokowi melanjutkan.

Baca juga  Wakil Bupati Terduga Terancam 20 Tahun Penjara

Jokowi menambahkan, dengan peresmian Pelabuhan Sibolga menandakan infrastruktur sudah siap. Sekarang adalah saatnya bekerja untuk mendorong terus pertumbuhan ekonomi di Sibolga dan sekitarnya.

Proyek pengembangan Pelabuhan Sibolga ini dikerjakan secara tahun jamak oleh PT Pembangunan Perumahan (PP) Tbk, dimulai setelah proses ground breaking, pada 20 Agustus 2016 silam.

Sebelumnya, pada saat ground breaking, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menjelaskan, pengembangan Pelabuhan di Sumut sangat diperlukan, termasuk di kawasan Pantai Timur Sumut seperti Belawan, Kuala Tanjung dan Pelabuhan Sibolga yang berada di Pantai Barat. (BT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan