Safari Jurnalistik PT. Agincourt Resources, Dampak Perusahaan ke Lingkungan Sekitar

  • Whatsapp

BeritaTapanuli.com, Tapteng – Perusahaan Tambang Emas PT. Agincourt Resources menggelar safari jurnalistik bagi sejumlah awak media yang tersebar di wilayah Sumatera Utara, Rabu (25/1/2023).

Dalam safari tersebut para awak media disuguhkan dengan berbagai inovasi dan karya yang bersentuhan langsung masyarakat sekitar.

Salah satunya mengunjungi areal sawah binaan tambang. Disebutkan perusahaan tersebut melakukan kolaborasi dengan masyarakat petani bagaimana menerapkan penanaman padi organik.

Sehingga masyarakat memiliki padi atau beras organik. Produk ini merupakan produk unggulan lokal yang digagas oleh PT. AR bersama para petani yang tergabung dalam kelompok tani.

Dengan hamparan lahan seluas 3 ha di desa Aek Pahu, Kec. Barang Toru, Kab. Tapanuli Selatan, Provinsi Sumut, yang terbentang sejauh 1 km dari areal tambang dan telah berproduksi.

Selanjutnya pihak perusahaan juga menginisiasi gagasan untuk masyarakat lebih mandiri sehingga dapat mengolah hasil padi dengan mesin giling sendiri.

Lalu, padi akan disertifikasi sehingga kualitas dan kuantitasnya dapat terjaga sebagai produk unggulan kelak.

Baca juga  Kantongi Narkoba, MSD Ditangkap Polisi

Tak hanya itu, kehadiran PT. AR juga dirasakan di SMK N 2 Batang Toru dan berdampak signifikan bagi sekolah dan siswa.

Sebagaimana diakui oleh kepala sekolah SMK N 2 Batang Toru Erikson BM Sihombing kepada awak media, bahwa kehadiran perusahan tambang itu sangat positif dan peduli mendukung sarana pendidikan.

Apalagi kata dia, di sekolah yang ia pimpin saat ini telah memiliki 4 mata jurusan unggulan. 4 jurusan tersebut adalah Geologi Pertambangan, Teknik Alat Berat (6 guru), Tek Pemesinan, Teknik Pembangkit Tenaga Listrik.
Di mana dalam prakteknya siswa lebih tertarik pada kelengkapan sarana pembelajaran yang semuanya merupakan pengadaan dari PT. Agincourt Resources.

Kata Erikson, hal itu tentu akan mempermudah siswa diterima di dunia kerja utamanya di pertambangan sebab edukasi yang bagus dan matang mengenal bagian bagian penting dalam dunia kerja khususnya seperti tambang.

Terpisah General Manajer PT. AR Rahmad Lubis yang turut dalam Safari Jurnalistik itu, juga meyakinkan kehadiran tambang di wilayah Kecamatan Batang Toru menjadi bagian penting yang harus menjadi kebanggaan masyarakat.

Baca juga  Parkumpulan Sitompul minta aktifitas di lahan Lobu Sitompul di Hentikan

Ia berharap keberlangsungan dua sisi berdampingan akan selalu terjaga dengan baik, tak hanya mengeruk SDA namun, hasilnya juga dapat dinikmati masyarakat sekitar, tentu jaminan ini yang terus dilakukan melalui berbagai pendampingan, pemberian pelatihan UMKM dan UKM serta binaan usaha lainnya yang dapat mandiri di lingkar tambang.

Kegiatan Safari digelar selama dua hari. Dan hari kedua berpusat di Pia Hotel Pandan, Kab. Tapanuli Tengah. Di sana para awak media disuguhkan berbagai pelatihan menuju karya jurnalistik yang profesional.

Dalam kegiatan itu, PT. AR juga menghadirkan sejumlah nara sumber handal, mulai dari Ketua Umum PWI Pusat, H. Atal S Depari, Ketua Bidang Pendidikan, Nurjaman  Mochtar, dan para pengurus PWI Pusat lainnya.

Turut hadir Senior Manager Corporate Communication PT. AR, Katarina Siburian Hardono. (Tp)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan